Antara Terkenal dan Tetap Aman

Mana yang lebih penting?

Tanggapan kamu (4) Antara Terkenal dan Tetap Aman

Jadi terkenal kayaknya asyik, ya gak sih?

Bayangin, handphone kamu gak akan berhenti bunyi, kamu bakal kebanjiran notif. Kamu pun ngerasa kalau kamu itu pusat perhatian.

Emang sih, kedengerannya asyik, tapi popularitas gak seharusnya membahayakan keselamatan kamu. Kayak cerita teman kita, Tiwi.

Tiwi dulu pernah jadi selebask (orang yang terkenal di Ask.fm) dengan followers hampir 10 ribu. Dia suka share banyak hal di Ask.fm, mulai dari selfie, foto, informasi pribadi, sampai jadwal dia! Dia gak sadar kalau itu bahaya banget, sampai akhirnya dia mulai nerima pesan dari orang-orang gak dikenal di LINE, ada juga yang pakai foto dia untuk hal-hal gak baik, bahkan sampai ada yang ngikutin dia di kehidupan nyata!

Jadi, di artikel ini, Springster dan Tiwi mau memberikan saran untuk kalian ini, apa yang boleh dan gak boleh dilakukan saat mengunggah foto di media sosial:

Antara Terkenal dan Tetap Aman

AMAN: Share Kebahagiaan

Emang susah nahan diri buat gak selfie, bisa dipahami, kok! Gak apa, share aja senyum tercantik kita, gunakan selfie kamu untuk menunjukkan kalo kamu cantik dan percaya diri!

JANGAN: Kebanyakan Post Selfie

Kadang, rasanya pengen banget berbagi semua perasaan kita dalam bentuk selfie; kalau lagi sedih, pengen selfie. Kalau lagi merasa cantik, pengen selfie. Tapi ingat, gak semua selfie harus kamu share, apalagi kalo kamu merasa gak nyaman, misalkan saat seseorang minta selfie telanjang kamu, atau saat ada tantangan yang kamu rasa gak benar!

Antara Terkenal dan Tetap Aman

AMAN: Share Prestasi

Boleh kok, berbagi prestasi! Saat kita menang juara satu di kompetisi sekolah, share aja! Saat kita berhasil mendaki gunung, share aja! Saat kita berhasil dapat beasiswa dan bisa pergi ke sekolah bagus, share!

JANGAN: Post Foto Harta, Rumah, Kantor, Apalagi Berbagi Lokasi

Sebaiknya, jangan share berapa banyak uang di dompet kita. Jangan juga house-tour rumah kita dan upload ke media sosial. Jangan post di mana kita sekolah, bekerja, atau gimana cara kita menuju tempat itu. Lebih penting lagi, jangan tag location. Orang jadi akan tau terlalu banyak tentang kita, dan itu gak selalu baik, apalagi kalau ada yang punya niat buruk. Kamu gak mau kan orang hafal mati denah rumah kamu dan tau kapan rumah kamu kosong terus mereka merencanakan perampokan ke rumah kamu?

Antara Terkenal dan Tetap Aman

AMAN: Share Kenangan atau Orang Kesayangan

Kenangan yang baik layak untuk dihargai… dan di-upload. Gak papa kok, kalau kamu mau share foto kenangan kamu, keluargamu, temanmu, atau orang yang kamu sayang. Tapi lebih baik kalo kamu aktifkan fitur Close Friends di Instagram atau berbagi ke teman saja di Facebook, jadi kamu bisa share kenangan kamu ke orang yang kamu percaya.

JANGAN: Post Terlalu Banyak Informasi Pribadi

Tapi, gak perlu sampai ditulis hal-hal detail dari kenangan kita. Misal, nama panjang anggota keluarga, kontak mereka, screen capt dari percakapan kita, dan hal lainnya. Udah, tentang itu biar kita aja yang simpan sendiri.

Gimana menurut kamu? Apakah kamu punya saran dan tips tentang berbagi di media sosial? Yuk, bagikan di sini biar cewek-cewek lain terinspirasi!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@NST

Ya!!! Artikelnya bermanfaat .jadinya kita bisa saling mengingatkan mana ya baik mana yg buruk...

11 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, @NST! Makasih ya udah baca artikel ini ;) Share juga dong ke teman-temanmu :D

11 bulan, 1 minggu yang lalu
@Septianti

Saran aku sih jangan keseringan on di medsos,boleh sih kita terkenal di medsos tp harus tahu batas...

Baca selengkapnya 11 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo @Septianti! Betul, betul, setuju banget. Kita harus bisa memilih mana yang aman dan tidak aman...

11 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar