Aku yang Baru Bukan Aku yang Dulu!

Tos, untuk tahun yang baru!

Aku yang Baru Bukan Aku yang Dulu!

Seneng ya, kalo tiap hari bisa belajar hal baru! Apalagi kalo kita emang sedang belajar buat jadi lebih baik lagi! Ada nggak sih aktivitas baru yang ingin kamu mulai atau skill yang ingin kamu pelajari biar lebih jago?

Entah itu biar lebih jago bicara di depan umum, berteman dengan orang baru, mencoba kebiasaan makan yang lebih sehat--semuanya mungkin kalo kamu yakin!

Mulai dari awal lagi emang kayaknya menakutkan ya, tapi kami akan berbagi tips biar kamu bisa mencapai target-targetmu untuk selangkah makin dekat ke mimpimu!

1. Mulai dari nol

Kalo kamu punya cita-cita jadi guru, langkah awalmu mungkin bukan dengan cara langsung ngajar di depan kelas. Ya mulai aja dari mengumpulkan anak-anak tetanggamu dan bikin kelas gambar gratis di rumahmu! Itung-itung latihan ngajar, kan! Hal-hal besar emang butuh waktu, makanya mulai dari apa yang bisa kamu lakukan dulu. Tuliskan 3 langkah kecil yang bisa kamu mulai lakukan hari ini. Jangan lupa kasih hadiah kecil ke dirimu setelahnya!

2. Keluar dari zona nyamanmu

Zona nyaman emang menyenangkan, sih. Tapi kalo terus-terusan di situ, kamu bisa nggak berkembang. Emang sih menantang diri sendiri tuh kadang bikin kita gak yakin dan jadi mikir “gimana kalo aku gagal”, “gimana kalo aku gak bisa ngelakuin ini besok”. Tiap kali pikiran ini muncul, coba bilang ke dirimu sendiri “hai, kamu bisa, kok!”. Contohnya aja saat kamu lagi mencoba kebiasaan makan yang lebih sehat dan mencoba buat bawa bekal sendiri ketimbang beli makan di kantin, emang kelihatannya susah ya! Kamu bisa mulai dengan gak minum minuman manis dan bawa botol minummu sendiri! Bawa bekal tuh gak berarti kamu jadi harus masak makanan yang susah dimasak, kamu bisa lho minta tolong ibumu buat memasak sop yang super enak atau kamu bisa coba resep bekal sehat dari Springster ini. Jangan lupa bawa buah-buahan seperti jeruk sebagai bekalmu! Selama kamu tau kalo ini semua kamu lakukan buat dirimu sendiri, zona gak nyaman itu akan berubah jadi zona nyamanmu, lho!

3. Cari dukungan

Belajar dari orang-orang yang kamu kagumi adalah cara terbaik buat belajar skill baru. Banyak lho orang yang mau berbagi tentang hal yang mereka senangi dan mau mengajarkan itu. Contohnya nih, saat kamu ngelihat temanmu yang suka bawa bekal sehat untuk makan siang, coba ajakin mereka ngomong dan minta saran gimana sih cara bikin resep yang mudah dan seru dan minta idenya! Habis itu jangan lupa bilang kalo kamu terinspirasi dan banyak belajar dari mereka!

4. Satu dua batu kerikil bisa dilewati, kok!

Bahkan orang yang pede aja harus latihan berkali-kali untuk punya rasa pede tersebut. Semua orang pasti pernah gagal sebelum akhirnya meraih mimpinya. Mungkin kamu mau masuk tim lari di sekolahmu dan gagal saat tahap audisi--itu semua normal dan semua sandungan itu artinya kamu jadi punya lebih banyak waktu buat belajar! Ini juga saatnya kamu jadi belajar bahwa untuk menambah energimu, kamu perlu makan makanan yang tepat saat latihan lari! Kamu bisa makan telur dan tempe saat latihan karena makanan ini membantu kamu biar lebih berenergi! Makan pisang setelah latihan juga membantu, lho! Makanan-makanan ini bisa jadi teman terbaik yang membantu kamu meraih mimpi!

Yang terpenting adalah jangan nyerah dan beri dirimu waktu, kamu bisa kok!

Apa yang pengen kamu coba taun ini? Ada gak sih hal yang ingin kamu tingkatin dari dirimu? Ceritain ke kami lewat komen di bawah!