Aku boleh ikut kemah pramuka gak?

Intip tips nego sama orangtua di sini!

Aku boleh ikut kemah pramuka gak?

Ngomong-ngomong tentang Pramuka, kurang afdol rasanya kalau gak ikutan kemah. Ini termasuk salah satu kegiatan seru yang paling ditunggu lho~

Masalahnya, orangtua kita ngizinin gak yaa buat ikut kegiatan ini? Izin termasuk hal yang susah-susah gampang untuk didapetin dari orangtua.

Tapi jangan khawatir, Springster bakal ngasih sedikit tips buat kompromi sama orangtua:

Tunjukin tanggungjawab

Dengan bertanggungjawab sama hal yang sudah dilimpahan sama kita, orangtua pasti bakal lebih percaya untuk kasih kamu kepercayaan alias izin untuk berkegiatan di luar rumah. Misalnya dengan mengerjakan tugas sekolah tepat waktu atau menyelesaikan pekerjaan rumah tanpa harus disuruh terlebih dahulu seperti merapikan tempat tidur, membersihkan alat makan yang sudah kita pakai.

Bicara di waktu yang tepat

Kalau kita bicara di saat yang tepat, “tidak boleh” bisa berubah jadi “boleh”. Ajak orangtua bicara saat mereka ada di waktu senggang dan tidak sibuk dengan satu hal. Kamu bisa ajak orangtua bicara saat makan malam, nonton atau beraktivitas bersama.

Diskusi!

Beritahu orangtua kita apa kegiatan yang akan dilakukan, tempat dan siapa yang bertangungjawab dalam kegiatan tersebut. Dengan begitu orangtua merasa lebih aman untuk mengizinkan kita beraktivitas di luar rumah. Kamu juga bisa sebutin manfaat dari kemah yang diikuti misalnya baik untuk melatih kamu bersosialisasi, mandiri dan disiplin. Ini bisa jadi pertmbangan buat orangtua kamu nanti.

Bikin persetujuan

Misalnya janji sama orangtua untuk menghubungi mereka di waktu yang sudah disepakati. Kalau bisa kasih nomor lain yang bisa mereka hubungi saat kamu berada dalam situasi darurat.

Perlu diingat terkadang orangtua gak bakal ngasih kita izin meskipun kita udah minta berkali-kali. Kadang kita harus terima dan hargai keputusan mereka. Jangan coba-coba untuk pergi tanpa izin dari orangtua. Tindakan itu justru bakal bikin orangtua kamu merasa kamu belum cukup dewasa untuk diberi kebebasan dan kepercayaan.