5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

Pelajari cara-cara ini untuk berurusan dengan kesalahanmu!

Tanggapan kamu (44) 5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

Kamu ngerasa bersalah banget karena telah melakukan kesalahan? Nggak bisa move on dari masa lalu? Melihat diri sendiri sebagai orang yang nggak baik dan gagal?

Tau nggak? Kamu itu…

….merasakan hal yang dirasakan ratusan orang lainnya!

Ya. Kamu nggak sendirian. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik besar maupun kecil. Baik sengaja maupun tidak. Dan yang penting sekarang adalah sekarang. Apakah kalian masih melakukan kesalahan yang sama? Nggak kan?

Yuk berdamai dengan dirimu. Sebelum kamu bisa memaafkan orang lain, kamu harus mulai dari dirimu dulu! Baca tahapan di bawah ini untuk belajar memaafkan dirimu, dimulai dengan:

5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

1. Sadari dan akui kesalahanmu
Akui kalo memang yang kamu lakukan itu salah. Tanya dirimu, apa yang membuatmu nggak nyaman? Keadaan yang memburuk akibat kesalahanmu? Dibutuhkan hati yang besar lho untuk bisa mengakui kesalahan. Iya, memang yang kamu lakukan itu salah, tapi setidaknya kamu berani menghadapinya dan nggak ngumpet seperti pengecut kan?

5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

2. Jangan lari! Ambil tanggung jawab
Biasanya, pikiranmu itulah masalah terbesarmu. Lepaskan dirimu dari ikatan rasa bersalah dengan...meminta maaf dan ambil tindakan! Lakukan dengan tulus dan serius. Percaya deh, dengan meminta maaf, kamu akan mulai merasa lebih baik. Rasa bersalah yang dulunya menghantuimu akan hilang kalo kamu udah berani meminta maaf dan menanggung resiko. Pasti abis ngelakuin ini tidurmu baru bisa nyenyak deh.

5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

3. Mulai lagi dari 0
Nah setelah kamu menerima kesalahanmu dan bertanggungjawab, langkah selanjutnya adalah mulai kembali dari awal. Lihat sisi positifnya, kamu jadi belajar hal baru kan? Pengalaman yang kamu dapat ini nggak akan sia-sia kalo kamu belajar dan mencoba untuk nggak melakukan kesalahan yang sama. Kamu yang sekarang berbeda dengan yang dulu.

5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

4. Jangan menutup diri
Daripada kamu bengang bengong, entar malah kepikiran yang udah lalu, mending cari kesibukan! Dengan bertemu orang-orang baru dan menjadi aktif, kamu akan merasa jauh lebih baik. Misalnya nih aktif ikut OSIS atau punya hobi baru. Terus, minta dukungan ke orang-orang terdekat tentang usahamu untuk memaafkan diri sendiri dan move on dari masa lalumu.

5 Tahap 'tuk Bilang "BYE!" ke Masa Lalumu

5. Lihat kedepan dong!
Perjalanan hidupmu masih panjaaaaaang banget. Masa masa mudamu mau dipake buat tenggelam di masa lalu aja sih? Masa muda itu singkat, yang sudah lewat yaudah sih! Yang penting kamu sekarang sudah jadi pribadi yang lebih kuat dan dewasa. Cewek yang berbeda dari yang lain.

Memaafkan diri sendiri itu emang nggak gampang. Melakukan kesalahan bukan berarti kamu itu jahat. Dalam hidup ini kamu akan ngadepin banyaaaaak banget pilihan dan bisa saja pilihanmu salah. Kami bangga banget atas niat dan sikapmu untuk mulai berdamai dengan dirimu ini! Hidup akan terus berjalan ke depan, jadi maafkan dirimu dan lupakan yang udah berlalu ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Yura

Aku gak pernah bisa terbuka sama orang lain aku cenderung penutup, aku harus gimana kak?

1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Yura! Mungkin kamu masih malu aja untuk terbuka. Coba deh baca tips ini --->...

4 minggu, 1 hari yang lalu
Dhewi

Jadi Aku Mengucapkan Selamat Tinggal Masa Lalu Aku....

11 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Heeei, Dhewi! Hihihi senang deh kalo kamu berhasil bilang "BYE!". Baca artikel yang lainnya, yaaa~

11 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar