5 Langkah Mengungkapkan Pendapat

Mudah, kok!

Tanggapan kamu (10) 5 Langkah Mengungkapkan Pendapat

Pernah merasa gak didengar?

Mungkin, temanmu gak setuju soal rencanamu setelah lulus, atau mungkin, orang tuamu berpikir kalau kamu harusnya jadi dokter, bukan jadi manajer toko. Keputusan macam ini tuh penting, dan kamu bisa jadi merasa kesal dan diperlakukan gak adil.

Penting banget untuk bilang apa yang kamu mau, dan didengarkan. Tapi mungkin kamu gak tau gimana caranya.

Ini 5 langkah yang bisa membantumu:

  1. Percaya sama instingmu — Saat kamu ngerasa gak sreg sama perkataan orang lain, bisa jadi karena itu memang salah. Ingat terus, ya.

  2. Percaya diri tapi tetap sopan — Saat lagi mengungkapkan pendapat, bicara dengan suara yang jelas, dan tetap tenang. Kalo lagi bener-bener kesel dan dada rasanya sesak banget, pergi dulu beberapa menit, supaya kamu tetap kalem dan bisa kembali berpikir jernih.

  3. Selalu dengar pendapat lawan bicara — Lawan bicaramu mungkin punya pendapat yang beda denganmu, tapi mereka juga punya hak untuk didengar. Dengan begitu, kamu akan ngerti, kalau orang itu memang berbeda, dengan pendapat dan pandangan yang berbeda pula. Kadang, berbeda pendapat soal kuliah atau perusahaan untuk bekerja itu gak apa-apa, kok.

  4. Pake sudut pandang personal — Gunakan “Aku” di awal kalimat. Bukankah “Aku rasa gak sopan deh kalau kamu motong saat aku lagi ngomong.” akan terdengar lebih sopan daripada “Kamu kenapa, sih? Bisa gak, gak motong pas aku lagi ngomong?” Inget, orang lain akan meresponmu lebih baik saat mereka gak ngerasa dipojokkan.

  5. Bicara soal perubahan apa yang kamu inginkan — Jelaskan dengan bener-bener kalem. Misalnya, kamu ingin orang tuamu mempertimbangkan piilihan kuliahmu. Nah kamu bisa jelaskan dengan jujur tapi tetap dengan cara yang hormat.

Bicara itu penting, pendapat dan idemu itu juga penting banget!

Kasih tau dong di kolom komentar, pengalaman terbarumu dalam mengemukakkan pendapat!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Kathleen

halo kak, knpa ya saat aku berpendapat gk didengerin padahal aku selalu menghargai pendapat yg lain

2 minggu, 4 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Kathleen! it's okay kok karena memang akan ada masa-masa seperti itu kok. Yang terpenting adalah...

Baca selengkapnya 2 minggu, 2 hari yang lalu
Zinkzink

Hai kak... Aku slalu bingung kalo mau nyatain pendapat.. Otakku yang lambat merespon setiap orang...

Baca selengkapnya 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Zinkzink! Sebenernya kamu harus rajin2 latihan aja sih, mulai dengan ngoomong di depan kaca,...

Baca selengkapnya 1 bulan yang lalu
Tampilkan komentar