Tips Aman Buat yang Baru Kerja

Hal-hal yang wajib diketahui sebelum masuk kerja

Tanggapan kamu (6) Tips Aman Buat yang Baru Kerja

Buat kamu yang baru aja lulus dari SMK atau kuliah, atau baru mau mulai magang, aku ngerti, kerja pertama kali bikin kita berdebar!

Gimana kalo bosnya marah-marah terus? Gimana kalo atasanku nggak peduli sama aku? Tapi, bener, deh.... Kerja itu cuma masalah adaptasi sama lingkungan - dan yang nggak kalah pentingnya: keamanan.

Waktu aku mulai kerja, kakakku yang udah kerja 3 tahun kasih tips buat cari tahu apakah tempat kerja kita aman pakai list A-M-A-N-! Gini, nih, tipsnya:

A - APA PERGINYA AMAN? Yang pertama harus dicek, tentu aja, cara kita pergi ke kantor dan sebaliknya. Harus dicek dulu apakah rutenya aman: selalu ada orang ramai siang dan malam, dilalui transportasi umum sampai malam, nggak ada tempat gelap, ada pos polisi sepanjang jalan.

M - MANA INFO LOKASINYA? Coba Google dulu tentang lokasi tempat kerjanya. Apa lingkungannya aman? Pernah ada berita buruk tentang area sekitar? Coba tanya keluarga atau teman-temanmu tentang lokasinya. Siapa yang tahu kalo ada apa-apa, kan? Beberapa tempat suka banyak preman atau tawurannya, lho.

A - APA ADA STRUKTUR? Pas kita masuk kerja hari pertama, coba cari tahu, apakah ada struktur kerja: siapa user/atasanmu → siapa atasannya atasanmu → siapa human resource untuk timmu. Dengan begini, kalo ada sesuatu nggak enak yang terjadi ke kamu - kayak kamu merasa nggak aman berada di dekat timmu - kamu bisa curhat dengan atasanmu.

! - JELAS!!!! Harusnya ini terjadi di minggu pertama kita kerja, atau bahkan sebelumnya. Tapi, kalo nggak kejadian juga, kita bisa langsung tanya temen sekantor atau manajer kita! Ya, kita harusnya dijelasin oleh tim human resource tentang hak dan kewajiban kantor. Jadi, kita tahu gimana kantor memperlakukan karyawannya - dan harusnya aturan ini bikin kita ngerasa aman dan nyaman.

Semoga tips tadi bisa bantu kamu di minggu pertama kamu kerja!

Kalo kamu punya pertanyaan tentang ini, tulis di kolom komen, ya! Share tentang pengalamanmu kerja pertama kali juga boleh!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

salah komen artikel

2 minggu yang lalu
Anonim

Now i haven't friend

2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar