Segala Hal yang Kamu Perlu Tau Tentang Universitas

Gimana caranya pilih universitas yang tepat buat kamu

Tanggapan kamu (7) Segala Hal yang Kamu Perlu Tau Tentang Universitas

Kayak ratusan anak SMA kelas 3 lainnya, Ade seneng dan lega banget karena dia akhirnya lulus SMA.

Tapi jalan yang Ade laluin sebelumnya nggak mudah loh, Ade harus ngejalanin berbagai macam ulangan dan ujian. Ade berhasil berkat kerja kerasnya selama ini, dia rajin belajar dan kalau ada yang Ade belum mengerti di kelas, pasti langsung ditanyain ke gurunya.

Tapi kesenangan ini nggak berlangsung lama: Ade masih belum yakin apa yang bakalan Ade lakukan setelah lulus SMA, ngelanjutin kuliah apa nggak. Ade juga sempat mikir kalau dia nggak lanjutin kuliah dia mau ngapain. Tapi, sekarang udah banyak kok kursus-kursus yang bisa diambil sesuai dengan minat kalian masing-masing, yang pasti kursus ini nggak akan semahal dan selama kalau ngejalanin kuliah.

Ade juga lagi bingung mengenai biayanya, milih universitas dan jurusannya. Cari teman-teman baru. Dan gimana ngebagi waktu, ada tanggung jawab baru sebagai orang dewasa. Dan, dan, dan... tolong! Ade tau kalau ini adalah langkah terakhir sebelum memasuki “dunia yang sebenarnya”

Kamu lagi ada di situasi yang sama kayak Ade? Sebelum kuliah kita harus buat banyak keputusan yang bakal merubah hidup kita. Kalau kamu selalu cari tau, nanya kalau ada yang nggak kamu ngerti dan percaya sama mimpi-mimpi kamu, kamu pasti bakalan selalu terdepan!

Keputusan, keputusan
Keputusan pertama yang harus kamu buat adalah pilih universitas. Kayak milih pacar atau milih lagu karaoke favorit, kamu jangan hanya puas dengan yang udah ada. Pikirin jurusan yang pengen kamu ambil dan akreditas kampusnya. Gimana dengan lokasi, biaya sekolah dan biaya hidupnya? Coba deh kamu kunjungin kampusnya dan ngobrol sama orang-orang yang udah sekolah disana, kamu juga harus pastiin kalau kampus ini yang terbaik buat kamu.

Dan tau nggak? Kamu nggak perlu 100% yakin sama jurusan yang bakalan kamu pilih dan karir yang bakalan kamu jalanin nantinya. Kamu masih muda. Meskipun gitu, kamu harus tetep pikirin semuanya dengan serius, karena kalau kamu mau pindah jurusan, uang dan waktu kamu bakalan terbuang percuma. Pikirin dengan serius tentang diri kamu dan apa yang pengen kamu raih dalam hidup.

Cari bantuan
Teman kita Oka adalah salah satu orang yang patut dicontoh. Dia udah mulai cari tau tentang apa yang dia pengen sejak kelas 2 SMA. Dia ngajak Ibunya ke berbagai macam Pameran Pendidikan. Sekarang udah banyak banget yang ngadain pameran pendidikan kayak gini salah satunya ini. Ada banyak manfaatnya kalau kamu rajin dateng ke pameran pendidikan kayak gini, salah satunya kamu bakalan dapet konsultasi pendidikan gratis, informasi tentang beasiswa dan hal menarik lainnya! Selain dateng ke pameran pendidikan kamu juga harus tanya-tanya ke saudara kamu yang lebih tua tentang hal-hal yang berhubungan sama universitas. Dan juga jangan lupa cari tau tentang beasiswa yang ditawarin sama tiap Universitas!

Inget kan sama pepatah lama: hal-hal yang baik akan datang ke orang yang mau berusaha. Uang beasiswa yang didapet Oka ngebantu banget keluarganya biar nggak usah mikirin lagi gimana caranya bayar uang kuliah.

Siap-siap ya
Ceritanya sekarang kamu udah nemuin kampus impian, tapi bisa jadi setelah daftar kamu nggak keterima atau biayanya nggak sesuai dengan yang kamu mau. Kamu harus selalu punya rencana cadangan. Meskipun itu bukan pilihan pertama kamu, kamu nggak tau apa yang bakalan kehidupan ini kasih buat kamu, jadi jangan sedih berkepanjangan. Pokoknya jangan buru-buru ambil keputusan sebesar ini, dan selamat berjuang!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Dhewi

Wah Bermanfaat Buat Aku Juga...

10 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hello, Dhewi! Syukurlah kalo bermanfaat! Yuk sebarkan artikel ini ke teman-temanmu ;)

10 bulan, 2 minggu yang lalu
kia_putry_kiana

aku jadi tau suka duka nya jadi anak kuliahan, selama ini yang ku tau anak kuliahan itu harus...

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai @ kia_putry_kiana! Bener banget! Sifat mandiri itu memang penting bagi anak kuliahan. Tapi...

1 tahun, 1 bulan yang lalu
Tampilkan komentar