Saat Hobi Unikmu yang Menggajimu

Dari hobi, jadi pundi-pundi!

Tanggapan kamu (12) Saat Hobi Unikmu yang Menggajimu

Kadang, hobi bukan cuma sesuatu yang kita lakuin di waktu senggang doang. Kami yakin deh, kalian sering denger di mana-mana kalo kita bisa bikin hobi kta jadi uang! Makanya, sekarang yuk kita baca cerita teman-teman kita yang bikin hobi unik mereka jadi uang!

1. Rana, 17 tahun
Aku suka cosplay. Semua ini dimulai dari kesukaan aku sama anime Jepang. 2 tahun lalu akhirnya aku mutusin buat gabung komunitas cosplay di kotaku.

Akhirnya aku mulai sering datang ke acara cosplay setiap weekend. Awalnya, aku cuma nonton para cosplayernya aja. Tapi setelah 3 bulan akhirnya aku juga ikutan cosplay! Awalnya, kukira ini gak akan menghasilkan uang--karena aku harus bikin kostum sendiri dan itu bikin uangku terpakai. Tapi terus teman-temanku melihat kostumku saat cosplay dan mereka mendorong aku buat nge-post di Instagram. Katanya, ini bisa bikin orang-orang ngeh sama kreasi cosplayku! Makanya aku mulai nge-post terus setiap minggu dan para cosplayer lain mulai ngelike postinganku dan minta aku untuk bikinin kostum cosplay mereka! Seneng banget deh ngeliat cosplayer lain memakai karyaku di acara cosplay--dan dibayar!

Selain ini, beberapa temanku juga menghasilkan uang lewat menjual art print mereka! Ini mungkin gak biasa bagi teman sekolahku, tapi sekarang aku jadi tau bahwa cosplay bisa bikin aku nambah pengalaman dan aku bisa menghasilkan uang dari hobi ini.

2. Soraya, 15 tahun
Mungkin hobiku ini aneh, tapi... Aku senang banget sama kain-- warna dan motifnya bikin aku lagi ngerasa ada di film-film!

Ini terjadi karena aku sering nemenin ibuku yang penjahit buat belanja kain setiap akhir pekan. Nah suatu hari aku ngeh kalo scarf bermotif lagi ngetren banget. Soalnya teman-temanku sering nge-post itu di Instagram. Jadi aku mulai ngelakuin sesuatu: mencoba bikin scarf sendiri dan menjualnya ke temanku! Aku minta ibuku buat membelikan kain bermotif dan meminjam mesin jahitnya. Lalu aku bawa beberapa contoh scarf bikinanku ke sekolah, dan tau nggak.. anak-anak cewek di kelas suka banget!

Besoknya, teman-temanku dari kelas lain juga tertarik. Jadi aku bikin lebih banyak untuk dijual. Sekarang aku juga bikin Instagram buat mempromosikan scarf jualanku. Seneng deh jalan-jalan akhir pekanku ke toko kain ternyata bisa menghasilkan uang.

Belajar dari kisah mereka, kita bisa mulai menghasilkan uang sendiri lewat:

  1. Mulai cari tau apa yang lagi tren, atau apa yang kamu dan orang di sekitarmu sukai dan bikin itu jadi inspirasi.
  2. Minta dukungan dari orang-orang di sekitarmu, seperti orangtua atau sahabat. Mereka mungkin punya ide bagus buat kita!
  3. Mulai dari lingkup kecil dulu. Coba mulai dari sekolah dulu dan lihat apakah idemu diterima orang di sekitar.
  4. Post di media sosial! Coba bikin orang lain tau barang/jasa apa yang kamu jual dan beri tau mereka gimana cara membelinya.

Jadi gimana menurut kalian? Apa kalian punya pengalaman dalam menghasilkan uang dari hobi sendiri? Yuk cerita sama kita lewat komentar di bawah!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

sani

kalo di tekuni dengan baik hobi kita yang positif, itu bisa memberi kita penghasilan yaahhh......

4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo sani! Benar sekali! Apakah kamu sudah mengalaminyaaa?~ Atau sedang menuju ke sana? Semangat...

4 bulan yang lalu
Lia

Kalau hobynya bermain game :)

1 tahun, 1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo @Lia! Kalo kamu senang bermain game, kamu bisa seperti Monica Carolina atau Nixia, yang...

Baca selengkapnya 1 tahun, 1 bulan yang lalu
sani

gamers sekarang tuh gajinya puluhan juta

4 bulan yang lalu
Tampilkan komentar