Pojok Laras & Sekar #23: Aku Bisa Jadi Penulis Keren!

Banyak baca, banyak nulis!

Tanggapan kamu (4) Pojok Laras & Sekar #23: Aku Bisa Jadi Penulis Keren!

Hy kak... Kak mau aku tanya nih ! Gimana ya caranya untuk menjadi penulis yang baik dan kreatif ? -@Septianti

Hai Septianti! Sama seperti hobi lainnya, untuk bisa melakukan sesuatu dengan baik, kita harus banyak latihan termasuk menulis.

Jadi penulis hebat itu butuh perjuangan. Contohnya J.K Rowling, penulis buku Harry Potter, butuh bertahun-tahun sampai akhirnya dia jadi penulis terbaik di dunia. Sebelum laris, bukunya bahkan sempat ditolak oleh banyak penerbit, tapi itu enggak bikin dia patah semangat.

Tau Asma Nadia? Si penulis yang novelnya banyak diadaptasi ke dalam film. Dia mulai menulis sejak di bangku SMP. Tulisannya saat itu suka diejek oleh teman-temannya, tapi dia gak ambil pusing dan tetap menulis. Akhirnya? Tulisan Asma Nadia diterbitkan di sebuah majalah, dia juga memenangkan banyak kompetisi menulis sampai akhirnya ia menulis sejumlah novel yang laris di pasaran.

Dua perempuan ini punya mimpi, punya tujuan dan mereka berusaha keras buat mewujudkannya. Mau seperti mereka? Yuk baca tips dari Springster!

Banyak baca

Jangan batasi diri kita dengan hanya dengan satu genre buku, terbukalah dengan bacaan lain seperti berita, majalah, novel, karya ilmiah. Dengan banyak baca kosakata kita jadi semakin bertambah. Kemampuan berbahasa kamu juga meningkat.

Tulis setiap ide yang muncul

Biasanya ide tulisan itu muncul tiba-tiba. Kalau ide ini muncul dan kita ingin tulis, segera catat entah itu di handphonemu atau buku catatan kecil. Lalu tulis dengan bahasa yang lebih enak dibaca, bukan hanya untuk kamu tai juga untuk orang lain.

Menulis dengan rutin

Luangkan waktu 15 menit setiap hari untuk menulis. Atau biar makin termotivasi, kamu bisa ikut klub menulis atau cari teman menulis dan bikin jadwal menulis bersama.

Minta pendapat

Bisa lewat kompetisi, suruh temen baca tulisanmu. Ingat, terbukalah sama pendapat atau kritik yang mereka kasih. Pujian dan kritikan itu biasa, dua hal ini justru aka bikin tulisanmu makin lama semakin baik nantinya.

Kalau kamu punya tips tambahan, jangan malu buat tulis di kolom komentar. Biar kita bisa jadi penulis yang keren bareng-bareng!

Hai Springster! Punya pertanyaan atau ada hal yang kalian nggak ngerti? Atau lagi ngerasa butuh banget punya temen ngobrol? Mulai sekarang kalian bisa bertanya dengan Kak Laras dan Kak Sekar di kolom komentar di bawah! Pertanyaan kalian akan dijawab setiap dua minggu sekali di Pojok Laras&Sekar. Kami tunggu pertanyaanmu!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ziah

Aku suka nulis cerpen tapi aku ngak tau caranya agar hasil karyaku diketahui banyak orang

3 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, Ziah! Latihan nulisnya terus ditingkatkan, yuk! Baca artikel ini yaaa bit.ly/nulisiniitu, copy...

Baca selengkapnya 3 bulan, 1 minggu yang lalu
Anonim

Kak,mau tanya dong... Gimana caranya agar percaya diri untuk ngomong di depan orang banyak itu,tidak...

3 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai hai, Anonim! Terima kasih atas pertanyaanmu, akan Kak Laras dan Kak Sekar coba jawab jika...

3 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar