Pojok Laras & Sekar #13: Aku Pilih Pendidikan!

Bukannya orang tuaku gak mendukung aku, mereka cuma belum mendukung.

Tanggapan kamu (2) Pojok Laras & Sekar #13: Aku Pilih Pendidikan!

Dear Kak Laras & Kak Sekar, aku punya pertanyaan. Aku ingin banget melanjutkan pendidikanku, tapi tidak boleh sama orang tua dengan alasan tidak ada biaya. Padahal aku udah bilang aku mau ikut program beasiswa. Gimana ya, Kak? Jujur aku bingung banget, aku bener-bener kehilangan semangatku. —dts_dyati

Hei, dts_dyati! Terima kasih sudah bertanya, dan jangan kehilangan semangat, yuk cari jalan keluar bersama!

Kadang, kita ngerasa keputusan orang tua itu gak bisa diganggu gugat dan kita harus nyerah. Tapi jika kita kasih lihat kalau kita rela ngelakuin apa pun buat impian kita dan kita teguh pendirian, pada akhirnya mereka akan berubah pikiran!

Sekarang, kami bakal kasih beberapa tips untuk menjadi cewek yang gigih mempertahankan impian, siapa tahu berguna untuk bikin orang tua kamu berubah pikiran!

Pertama, gigih untuk meyakinkan.

Walaupun terasa susah, kamu harus tetap meyakinkan mereka tentang pilihan kamu. Tunjukkan mereka apa yang bisa dilakukan oleh perempuan kalau mereka menerima pendidikan yang layak. Tunjukkan kisah dari Sanita, seorang perempuan yang memutuskan untuk memilih pendidikan daripada pernikahan dini. Tunjukkan daftar sekolah-sekolah yang menerima beasiswa dan tunjukkan kamu mau berjuang mencari beasiswa.

Selanjutnya, gigih untuk selalu rajin.

Sambil menunggu mereka memberi izin, terus belajar untuk beasiswa kamu. Jadi sekalinya orang tua kamu sudah memberikan restu dan izin, kamu juga udah siap untuk tes beasiswa!

Habis itu, gigih untuk berlaku kooperatif.

Kamu harus mengerti, kalau orang tua kamu bilang tidak punya uang untuk membiayai pendidikan kamu, kamu gak bisa minta uang ke mereka. Salah-salah, nanti mereka malah gak mau memberi restunya. Lebih baik, kamu simpan uang jajan kamu untuk pendidikanmu. Cari tahu caranya di sini!

Terakhir, gigih untuk terus merasa positif.

Orang tua kamu mungkin gak akan teryakinkan dalam satu hari. Gak apa, jangan hilang harapan. Tetap positif dan percaya kalau masa depan kamu itu bisa tercapai. Mungkin suatu hari, mereka akan terpengaruh oleh sifat positif kamu.

Ingat, pendidikan itu patut diperjuangkan. Jadi, kejar terus!

Pojok Laras & Sekar #13: Aku Pilih Pendidikan!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Thari

Wah menarik ceritanya......

9 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo haloo, Thari! Terima kasih sudah baca artikel ini, dan menjadi bagian dari Springster ^^ Jangan...

Baca selengkapnya 9 bulan, 1 minggu yang lalu