Pelajari Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu

Jangan sampe ketipu tawaran gaji besar dan “nama besar”

Tanggapan kamu (5) Pelajari Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu

Dengan adanya internet, proses pencarian kerja semestinya semakin terbantu. Apalagi makin kesini, makin susah nyari kerja. Cuma ternyata, banyak lho lowongan pekerjaan abal-abal mencurigakan yang beredar di dunia maya. Jangan sampai kamu jadi korban penipuan, yuk belajar lebih cermat.

Waspadai iklan yang terlalu menjanjikan gaji besar, gaya bahasa yang kacau, info kontak yang meragukan (biasanya menggunakan nomor HP biasa). Pasti sering kan kamu lagi browsing-browsing terus di pojokan layarmu ada iklan lowongan pekerjaan yang bunyinya kira-kira begini:

KERJA SANTAI DARI RUMAH, TANPA KEAHLIAN KHUSUS. GAJI 4-5 JUTA PER BULAN. PENASARAN? HUBUNGI 0818-810-29*1 atau email job.kerjaonline@gmail.com

Nah, dari gaya beriklan aja udah kerasa kalo ini modus. Tapi masih banyak aja orang yang tergiur ngedapetin kerjaan gampang dengan gaji yang besar yang ketipu dengan ini. Perhatikan juga nomor yang tertera. Perusahaan yang benar, biasanya akan langsung menelepon pelamar, bukan meng-SMS. Begitu juga dengan email, perusahaan yang benar sudah semestinya memiliki alamat email resmi, bukan menggunakan layanan email gratis dari Gmail, Yahoo dan sebagainya. Email yang masuk juga tidak seharusnya masuk ke folder SPAM. Lain kali kamu ngeliat sesuatu yang seperti ini, lewati saja.

Terus, kamu harus curiga kalo diminta uang pendaftaran. Entah alasannya untuk biaya training, jaminan ataupun penempatan lokasi. Ini tanda nyata penipuan. Mana ada sih orang mau ngelamar kerjaan tapi harus bayar dulu?

Cek juga website/situs resmi perusahaan yang kamu tuju, karena biasanya akan tertera informasi bahwa memang benar perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan dan membuka rekrut langsung di web resminya.

Kalaupun udah sampe tahap permintaan interview, kualifikasi yang disebutkan harus sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Jangan mau ditempatkan di kota lain dengan alasan tempat itu adalah cabang perusahaan.

Intinya, hati-hati dan jangan sembarangan ngirimin lamaran kamu ke lowongan kerja yang gak jelas di website-website penyedia layanan lowongan kerja. Cek lagi apa benar perusahaan tersebut sedang membuka lowongan, cek posisi yang ditawarkan, cek alamat kantor perusahaan tersebut benar ada atau tidak, cek juga kalo perusahaan itu punya cabang di kota lain atau tidak.

Yuk, lebih cermat lagi dalam mencari kerja. Kalian ada cerita dalam mencari kerja online? Sharing yuk!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Raras

Makasih kak infonya, baru baca sekarang artikelnya:( kemarin aku sudah ketipu.

4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Raras! Semoga kamu terbantu yaaa dengan artikel ini! Semangaaat!

4 bulan yang lalu
nia

Trimakasi infonya

7 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Sama-sama, nia! Semoga membantu dan jangan lupa untuk terus baca artikel Springster lainnya, ya!

7 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar