Mulai Usahamu dengan Uang Tabungan, Yuk!

Saatnya pisahin uang modal dan uang darurat, nih!

Mulai Usahamu dengan Uang Tabungan, Yuk!

Aku gak percaya kalo aku udah jalanin usahaku selama setahun! Kamu percaya gak kalo aku bilang, aku mulai bisnis ini dengan cara yang sama denganmu? Aku tabungin sisa uang jajan selama setengah tahun, dan aku mulai usahaku tahun lalu.

Aku ngerti. Nabung dan bikin usaha terdengar gak senada. Tapi ini cara aku melakukannya!

1. Riset sebelum buka usaha!
Sebelum kita tentuin jumlah uang yang harus kita dapetin untuk mulai usaha, kita harus riset dulu tentang modal produksi dan ketersediaan permintaan. Coba keliling pasar untuk cari bahan murah, terus wawancara temen sendiri, apakah mereka mau beli barang yang kita jual. Setelah riset, kita bakal tau berapa jumlah uang yang butuh kita kumpulin.

2. Tentuin tenggat waktu nabung, dan jalanin usaha!
Tenggat waktu bakal nentuin gimana kita bisa nabung. Apa kita harus nabung di celengan, atau minta bantuan seseorang yang kita percayai untuk simpan? Yang mana pun gak masalah! Dengan tenggat, kita bakal sampe ke tujuan lebih cepat. Tandain tenggatnya di kalender dan taro di samping tempat tidur supaya kita bisa selalu lihat!

3. Gimana cara ubah tabungan jadi modal usaha
Kalo kita mau bikin usaha, gunain sebagian uang aja buat dijadiin modal. Jangan pernah gunakan semua tabungan, lalu bersiap-siaplah dengan risikonya. Bikin buku catatan keuangan; supaya bisa catet seberapa banyak uang yang kita butuhkan untuk modal dan berapa banyak yang harus disimpan untuk darurat. Terus simpan keduanya di tempat berbeda! Kita bisa minta seseorang untuk simpenin, tapi selalu lebih baik kalo kita simpen sendiri di tempat yang gak diketahui orang lain.

4. Hitung semuanyaaaaa!
Setelah kita mulai usaha kita, yuk, intip keadaan keuangan--lihat apakah taget kita bisa terjangkau. Jangan lupa untuk hitung semua pemasukan dan pengeluaran! Coba pake software yang bisa bantu kita catet keuangan dengan tabel. Dengan cara begini, kita jadi tau apa yang harus kita benerin, haruskah kita lanjut, atau berhenti? Seberapa banyak yang harus disimpan, seberapa banyak yang harus dikeluarkan?

Mungkin banyak dari kita yang takut untuk memulai usaha. Pasti banyak pertanyaan muncul di kepala, kalo gak sukses gimana? Kalo tabunganku abis gimana? Tapi, kalo kita gak mulai sekarang, kapan, dong? Mulai dengan hal kecil dulu untuk gapai yang lebih besar! Semoga beruntung!