MLM: Gabung Gak Ya?

Uang enggak bisa muncul dengan sendirinya.

MLM: Gabung Gak Ya?

Kamu pernah denger tentang bisnis MLM (Multi Level Marketing) gak? Atau udah pernah gabung? Atau sedang mikir-mikir untuk gabung bisnis ini?

Buat kamu yang belum tau, sederhananya, MLM itu adalah model bisnis atau usaha yang menjual produknya langsung ke konsumen, bukan lewat toko, supermarket, warung dan lain-lain. Biasanya perusahaan dengan model usaha seperti ini mengandalkan pegawainya untuk langsung berhadapan dengan calon konsumen.

Hmm… tapi sebaiknya kamu gak usah bergabung dengan bisnis seperti ini karena meskipun sudah ada sejak lama, model bisnis ini punya reputasi yang kurang baik. Model bisnis ini rentan sekali dengan penipuan, banyak orang yang akhirnya sadar kalau mereka tertipu.

Biar makin yakin, ini beberapa alasan kenapa kamu harus hindari model bisnis ini:

Kamu harus bayar sebelum bergabung.

Sederhananya, kalau kamu bekerja di suatu tempat, kamulah yang dibayar, bukan kamu yang membayar tempat kamu bekerja.

Kebanyakan MLM menggunakan skema Piramida.

Perusahaan dengan skema piramida ini lebih fokus untuk merekrut lebih banyak orang untuk bekerja di tempat mereka. Mereka gak fokus pada barang yang mereka jual. Kenapa? Karena semakin banyak orang yang masuk, semakin banyak uang yang mereka dapat. Daaaaaan, bisnis dengan skema piramida ini ilegal loh alias dilarang.

Gak realistis.

Biasanya MLM ngajak kamu gabung dengan bilang ‘Kamu adalah bos buat diri kamu sendiri’ atau ‘Kamu bisa dapat uang tanpa harus susah-susah kerja’. Faktanya, menurut penelitian, kebanyakan mereka yang gabung MLM justru merugi, gak kaya kaya seperti yang udah dijanjikan. Yap, nyari uang memang gak gampang :(

Kalau kamu mau uang jajan tambahan, sebaiknya lakukan hal lain yang mudah kamu mengerti, aman dan minim risiko penipuan seperti jualan pulsa, jual makanan, jual kerajinan tangan kamu dan masih banyak lagi.

Nah, kamu punya cerita tentang MLM gak? Atau ada ide lain untuk nyari duit sendiri gak? Yuk cerita di kolom komentar!