Mau Jadi Fotografer? Bisa!

Meski dengan alat seadanya, kamu bisa bikin foto yang mahal!

Mau Jadi Fotografer? Bisa!

Apakah kamu pengen jadi fotografer, dan kamu merasa kamu bisa jago, tapi kamu terbatas sama alat? Gak perlu khawatir, pake kamera HP yang seadanya pun kamu tetep bisa ngehasilin foto yang keren lho!

Sebelumnya, pilih aplikasi yang tepat! Ada banyak aplikasi fotografi di Google Play Andorid yang bisa kamu jajal. Cari dengan kata kunci: photo editor. Nanti muncul deh tuh pilihannya, termasuk PicsArt Photo Studio, Pixlr, Photo Lab, atau kalo memori HP-mu cukup, bisa coba VSCO. Springster sarankan sih kamu install dan coba satu-satu, hingga kamu menemukan mana yang cocok untukmu.

Nah kalo ini, elemen-elemen yang bisa kamu “mainkan”.

Brightness

Brightness membantu mengatur terang tidaknya fotomu. Jika terlalu gelap karena foto diambil di malam hari, atau di tempat yang gelap, kamu bisa naikkan brightness-nya. Tapi gimanapun, hasilnya akan selalu lebih baik kalo kamu manfaatin cahaya alami seperti sinar matahari.

Contrast

Kebalikannya dengan brightness, contrast ini menegaskan bagian tergelap dari fotomu. Misal saat foto kamu terlalu terang, kamu bisa naikkan contrast-nya, jadi fotonya gak terlalu silau.

Filter

Setelah fotomu lebih jelas dilihat, kamu bisa tambahkan filter atau effect. Ada banyak banget jenis filter atau effect, jadi kamu bisa coba satu-satu. Tapi ada baiknya sih kamu jangan terlalu berlebihan ya pake efeknya.

Grain

Meningkatkan grain akan bikin fotomu seperti siaran televisi yang sinyal antena-nya kurang mantap, jadi kayak ada semutnya gitu. Bisa kamu sesuaikan, mau sebintik-bintik apa fotomu. Kalo zaman sekarang sih, foto yang nge-grain gini lagi estetik banget.

Fade

Kalo kamu mau coba konsep yang foto ala-ala luntur, bisa kamu naikkan fade-nya. Ini cocok untuk foto yang dominan dengan warna pastel, jadi bisa bantu bikin fotonya jadi lembut-lembut gitu.

Kamu bisa coba pengaturan lain seperti dan bandingkan sendiri hasilnya.

Terus, ikuti tips ini!

  1. Coba semua fitur di aplikasi foto editor dan temukan gaya yang paling cocok untukmu.
  2. Bergabung dengan komunitas fotografi di sekitarmu.
  3. Terus latihan dengan memotret teman-temanmu.
  4. Bikin akun media sosial baru, dan upload deh semua hasil karyamu. Dan tadaaa! Itu portofoliomu!
  5. Jangan lupa juga untuk selalu mendengarkan instingmu dan lakukan hal yang menurutmu benar.
  6. Jangan berhenti mengejar mimpi karena kamu gak akan tau, kapan kesempatan akan datang padamu. Ini juga berlaku buat semua mimpi, mau apapun mimpimu. Rencanakan semuanya baik-baik, dan putuskan, apa langkah yang harus kamu ambil untuk meraihnya.

Gimana, mau nyoba gak?