Kita Juga Bisa: Dari Daratan Sampai ke Angkasa

Kita juga bisa, lho, kerja di bidang-bidang ini!

Kita Juga Bisa: Dari Daratan Sampai ke Angkasa

Siapa yang tahu kalau besok, tanggal 26 Agustus, ada peringatan Hari Kesetaraan Perempuan? Ada yang tahu gak, kenapa kita--sebagai gadis remaja--harus ikutan memperingati hari itu?

Dulu hak perempuan amat dibatasi, lho. Kita gak diperbolehkan untuk menyuarakan pendapat atau mendapatkan pendidikan formal. Bayangkan kalau sampai sekarang kita gak dikasih kesempatan untuk milih Presiden!

Banyak juga perempuan yang belum merasakan kesetaraan di tempat kerja. Perempuan bisa digaji lebih rendah daripada laki-laki, bahkan dianggap gak mampu kerja di bidang tertentu. Jika kalian suka main bola dan kalian diremehkan cuma karena kalian perempuan, gak enak, kan, rasanya?

Tapi ada 3 cewek hebat yang mematahkan pernyataan itu sejak lama! Cari tahu tentang mereka, yuk!

Kita Juga Bisa: Dari Daratan Sampai ke Angkasa

Eka Patmawati sang prajurit

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah pasukan spesial yang diseleksi oleh tentara untuk menjaga keamanan negara. Keanggotaan Kopassus biasanya diisi oleh cowok, nih. Tetapi, Sersan Eka Patmawati gak mau begitu! Cewek yang dulunya berprofesi sebagai model ini juga ahli dalam urusan menembak, bela diri, dan terjun payung, kok! Dia gak takut ketika harus masuk ke dalam jajaran Kopassus dan meninggalkan karier modelling-nya!

Kita Juga Bisa: Dari Daratan Sampai ke Angkasa

Alexandra Asmasoebrata sang pembalap

Gak kalah hebat sama Lewis Hamilton dan Rio Haryanto, Alexandra Asmasoebrata memegang rekor Muri untuk pembalap perempuan pertama asal Indonesia! Di tahun 2005, Alexandra menyabet dua gelar sekaligus di China Formula Campus Asian Division dan Kejuaraan Gokart Nasional. Dia balapan dengan membawa nama bangsa, lho~

Kita Juga Bisa: Dari Daratan Sampai ke Angkasa

Fariana Dewi sang pilot militer

Hayo, siapa yang lagi keranjingan sama Wonder Woman? Mau tau gak srikandi asal Indonesia yang keren beneran? Nih! Kapten Fariana Dewi menerbangkan helikopter sebagai pilot militer Indonesia, lho. Artinya, dia melindungi negeri kita dari atas awan! Dia mematahkan anggapan yang bilang kalau dunia militer itu terlalu maskulin dan gak cocok untuk cewek. Hebat, ya!

Hari Kesetaraan Perempuan ini diperingati agar kita tahu bahwa kita mampu berpikir, berkarya, dan bekerja setara dengan laki-laki! Jadi, kejar terus karier yang kamu impikan itu, ya!