Kerja atau Belajar? Pilih Mana Ya?

Gimana kalau dua-duanya?

Kerja atau Belajar? Pilih Mana Ya?

Saat yang lain bingung membagi waktu main dan belajar, aku bingung untuk membagi waktu main, belajar dan bekerja.

Yep, begitulah aku saat di bangku SMA. Karena alasan ekonomi, aku sempat diminta berhenti sekolah oleh orang tuaku. Mereka mau aku bekerja untuk membantu ekonomi keluarga.

Tentu saja aku keberatan karena aku buatku sekolah itu penting. Aku punya cita-cita untuk jadi guru saat aku dewasa. Jadi, aku bilang ke orang tuaku kalau aku sendiri yang akan kerja untuk membiayai uang sekolahku. Mereka pun setuju.

Aku bekerja paruh waktu di toko baju milik ibu temanku. Untungnya, di tempat itu aku masih punya waktu untuk belajar dan mengerjakan PR. Benar sekali, aku memilih pekerjaan yang tidak begitu sibuk sehingga aku masih bisa sesekali mengurusi tugas sekolahku.

Dari sana, aku mendapat cukup uang untuk bayar uang sekolah setiap bulan hingga aku lulus. Bahkan sampai sekarang, aku tetap melanjutkan pendidikanku di perguruan tinggi sambil kerja sampingan.

Di saat ini pun orang tuaku tidak perlu repot-repot membiayaiku kuliah karena aku berhasil mendapat beasiswa. Kini, tidak hanya mahasiswa, aku juga bekerja sebagai guru les untuk siswa SMP.

Kalau kamu berada di kondisi yang sama sepertiku, aku punya sedikit tips yang mungkin berguna buat kamu untuk menyeimbangan sekolah dan pekerjaan:

Jadwal yang fleksibel Jam sekolah dan jam kerja itu enggak fleksibel. Jadi aku pilih pekerjaan yang tidak terlalu sibuk dan menyita semua waktu seperti menjaga toko misalnya. Jika kamu tidak menemukan pekerjaan seperti itu, manfaatkan waktu luang yang kamu punya untuk belajar.

Tetapkan prioritas dan realistis Kita cuma punya 24 jam dalam sehari. Jadi, buat kita yang bekerja sambil sekolah, menentukan prioritas itu penting. Buatku, bersantai dan bermain aku lakukan saat pekerjaan dan tugas sekolahku selesai.

Buatku, sekolah sekaligus bekerja itu adalah tantangan yang gak semua orang berani untuk lakukan. Tapi itu mungkin kok untuk dilakukan. Ingat tips di atas dan selalu ingat tujuan/cita-citamu agar kamu tetap termotivasi!

Apa kamu sekolah sambil bekerja? Cerita yuk gimana kamu ngatur waktunya di kolom komentar di bawah!