Kerja Aman di Malam Hari

Mau siang atau malam, keselamatan kamu tetap yang utama!

Kerja Aman di Malam Hari

Kerja di malam hari itu lumayan banyak tantangannya ketimbang kerja di pagi dan siang hari. Keselamatanmu harus lebih ditingkatkan.

Biar kerja malam jadi lebih aman, ini tips yang bisa kamu terapkan lho. Yuk disimak!

Satu jadwal sama teman dekat

Kalau memungkinkan, minta kepada atasanmu untuk ditugaskan bersama dengan teman perempuan atau teman dekat di tempat kamu bekerja. Kamu bisa saling bantu kalau ada sesuatu yang enggak beres terjadi dan bisa saling menjaga satu sama lain.

Jangan cari masalah

Baik itu pelanggan, klien, atau siapapun yang kamu hadapi, tunjukkan keramahanmu walaupun sebenarnya kamu kesal atau tidak suka dengan sikap mereka, daripada kamu terjebak dalam masalah baru dan mengancam keselamatan kamu.

Lapor kalau ada yang tidak beres

Atasanmu perlu tahu kondisi kamu dan tempat kerja kamu. Keselamatan kerja para pegawai adalah tanggung jawab mereka juga. Misalnya, beri tahu atasanmu kalau kondisi kesehatan kamu tidak memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan atau laporkan kalau ada sesuatu yang mencurigakan atau membahayakan terjadi di tempat kerjamu.

Tetap waspada

Selalu waspada di mana pun dan kapan pun, entah itu di tempat kerja atau di perjalanan menuju pulang. Jangan sibuk dengan handphone saat malam hari karena ini bisa bikin kamu kurang waspada dengan lingkungan sekitar kamu. Lebih buruknya, ini bisa memicu orang lain untuk melakukan hal jahat sama kamu.

Baterai handphone tetap full

Enggak hanya itu, pastikan kamu punya pulsa atau paket internet, supaya kamu bisa segera hubungi orang terdekat kalau terjadi sesuatu yang bikin kamu enggak nyaman. Jangan lupa untuk menyimpan nomor penting di handphone-mu ya.

Minta jemput

Jika memungkinkan, minta orang terdekat untuk menjemput kamu sepulang kerja. Jangan pulang sendirian atau pulang dengan orang yang kamu enggak kenal banget.

Lewati daerah yang ramai

Kalau kamu menggunakan jasa transportasi umum, pastikan kamu melewati jalan yang biasa kamu lewati atau jalanan yang ramai. Pastikan kamu enggak sendirian di transportasi tersebut. Tolak baik-baik kalau si pengemudi meminta untuk mengambil rute yang kamu enggak tau.

Di mana pun kamu, mau pagi, siang atau malam, keselamatanmu adalah yang utama. Kalau kamu, punya tips lain gak biar kerja malam hari tetap aman? Bagikan di kolom komentar ya!