Jangan Asal Pindah ke Kota untuk Cari Kerja

Karena pindah ke kota itu gak semudah kelihatannya

Tanggapan kamu (2) Jangan Asal Pindah ke Kota untuk Cari Kerja

Banyak orang berpikir kalau kota besar itu adalah tempat impian untuk dapat pekerjaan dengan gaji yang besar. Mindset kayak gini yang bikin mereka ingin mencoba peruntungan.

Makanya, banyak juga orang dari daerah yang tergoda untuk ikut sama saudara atau tetangga mereka —yang mudik ke kampung— saat mereka balik lagi ke kota. Kamu pernah gak lihat fenomena seperti ini? Atau malah, kamu tertarik untuk melakukannya?

Kayak gampang, tapi, pindah ke kota untuk bekerja itu gak semudah kelihatannya lho.

Ini yang harus kamu lakukan:

Pikirkan apa yang akan kamu tinggalkan.

Seperti sekolah, atau malah pekerjaan yang kamu miliki sekarang. Apa kamu siap untuk meninggalkannya?

Rencanakan jauh ke depan!

Membuat perencanaan itu justru langkah yang paling penting. Kamu harus pastiin kamu bikin rencana jangka panjang dan memikirkan kemungkinan apa yang akan terjadi. Akan lebih baik jika:

  • Pastikan dulu kamu sudah dapat pekerjaan sebelum berangkat. Ini supaya kamu gak kelihatan bingung keliling-keliling cari lowongan, yang mana akan bikin kamu kelihatan kebingungan dan bisa jadi target penipuan.
  • Pastikan kamu selalu bersama orang yang kamu kenal dan kamu percaya di kota. Karena, bepergian sendiri di tempat baru itu gak selalu aman, jadi selalu bareng sama orang yang kamu kenal di kota, yang bisa kamu percaya dan kamu andalkan kalau terjadi apa-apa.
  • Tinggal di tempat yang aman. Jika memungkinkan, tinggallah dengan orang yang kamu percayai tersebut, jadi kamu akan selalu merasa aman.

Sabar, dan jangan memaksa.

Mencari pekerjaan itu gak selalu memakan waktu berhari-hari, bisa jadi berminggu-minggu, atau malah berbulan-bulan. Pantengin semua kesempatan yang ada, tapi jangan terlalu memaksakan diri. Saat kamu merasa gak ada perkembangan, mungkin kamu boleh mempertimbangkan untuk kembali lagi ke kampung.

Kota besar memang kelihatan punya segalanya, termasuk juga pekerjaan, uang, dan semua kesempatan ekonomi. Pindah ke sana juga bisa jadi sangat menyenangkan! Tapi, keamananmu itu yang paling utama.

Persiapkan dirimu. Saat kamu benar-benar siap, kamu akan lebih bijak menghadapi semuanya, dan kamu akan lebih kuat dalam menghadapi semua tantangan yang ada di hadapanmu! Semoga kamu berhasil ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Jerry

Sangat berkesan juga manfaat

2 minggu, 1 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Jerry! Senang sekali kalau artikel ini bermaanfaat buat kamu! Terima kasih sudah membaca...

1 minggu, 6 hari yang lalu