Hei, Calon Pemimpin! Cek Klub-Klub Ini, Yuk!

Kemampuan kita dalam memimpin juga bisa diasah, lho.

Tanggapan kamu (2) Hei, Calon Pemimpin! Cek Klub-Klub Ini, Yuk!

Bener gak, kadang-kadang--untuk jadi pemimpin--kita gak tahu mau mulai dari mana?

Oke! Ini saatnya kita cari tau tentang program pemuda yang bisa diikuti untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan kita!

Program Pertukaran Pemuda dari Kemenpora
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyediakan berbagai program pertukaran pemuda yang bisa kita ikuti, lho! Kemenpora bekerja sama dengan Australia (AIYEP), Korea (IKYEP), Tiongkok (ICHIYEP), Kanada (ICYEP), dan Malaysia (IMYEP) untuk memperkenalkan muda-mudi kayak kita ke lingkungan kerja di negara penyelenggara. Banyak aktivitas keren yang disediakan kayak kerja langsung untuk warga lokal di sana dan bahas isu-isu yang terjadi di masyarakat.

Ada yang tau kenapa ini keren banget? Kita jadi bisa lebih bebas berpendapat tentang masalah yang menurut kita penting, soalnya kita ada di lingkungan yang mendukung! Ini bagus banget soalnya kita juga perlu bikin orang dengar tentang pendakat kita. Pas kita menyelesaikan masalah bareng-bareng, kan, lebih baik kalo kita punya banyak masukan, hehe!

Model United Nations (MUN)
MUN menyelenggarakan konferensi keren yang bisa diikuti oleh delegasi dari berbagai negara untuk mendiskusikan isu global. Dengan program ini, kita bisa meningkatkan kemampuan kita untuk berbicara di depan umum!

Mereka bakal kasih tips agar kita pede dengan poin-poin kita; yup, mereka melakukan latihan pidato secara rutin! Misal, mereka bisa bantu kita untuk memikirkan ulang poin-poin kita, dan pas kita ngomong, mereka bakal ajarin kita untuk ngomong dengan jelas. Kalo kita ikutan acara MUN, kita bakal ngerti artinya latihan sampai mahir. Diperlukan pemahaman lebih untuk membahas isu global. Jadi jangan lupa untuk selalu mengulang pidato kita sebelum membahasnya di depan anggota lainnya, ya!

Pastikan kita juga dengar pendapat orang lain saat mereka berbicara. Kita bisa bereaksi, kayak ngangguk, atau nanya pertanyaan ke dia. Kalo kita hargai orang lain saat bicara, kita juga akan dihargai balik, kok!

AIESEC
AIESEC menyediakan program magang lintas-global untuk pemuda. Keren banget buat kita yang mau coba tinggal di negara yang berbeda. Tapi gimana kalo kita gak pede untuk berbicara dalam bahasa lain karena kita gak mahir?

Tenang aja, AIESEC pasti kasih beberapa pelatihan sebelum kita berangkat; dan saat kita selesaikan pelatihannya, kita bakal ngerti betapa pentingnya untuk bicara dengan tenang saat kita berusaha untuk menjelaskan sesuatu. Tapi ga cuma itu aja, AIESEC juga bikin pemuda-pemudi kayak kita jadi bermanfaat bagi masyarakat!

Ngerasa artikel ini berguna buat kamu? Apa kamu punya keinginan untuk jadi pemimpin? Kasih tahu kita di kolom komen, ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

dts_dyati

Keren banget. Aku pengi ikut IKYEP gmn caranya?

1 tahun, 2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, dts_dyati! Kalo kamu ingin mencoba untuk mengikuti IKYEP. Kamu bisa cek website mereka...

1 tahun, 2 bulan yang lalu