Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Iseng-iseng yang bikin dompet anteng

Tanggapan kamu (3) Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Pernah gak, ngebayangin kamu punya uang dari hasil jerih payahmu sendiri? Wah, bisa banget lho! Banyaaaak banget hal yang bisa kamu buat dan kamu jual, dan salah satu yang paling mudah adalah dengan membuat gelang buatan tanganmu sendiri.

Yang kamu butuhkan:

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!
  • Kancing
  • Benang atau tali
  • Pita
  • Manik-manik
  • Benang karet
  • Alat jahit

Yang harus kamu lakukan:

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Potong beberapa jenis tali atau pita atau benang karet, lalu ikat di tengah sehingga membentuk simpul dengan lubang sebesar kancing yang akan kamu pakai, dan usahakan talinya sama panjang ketika disatukan. Ini akan jadi ujung A.

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Isi tali-tali tersebut dengan manik-manik, dan hias sesuai keinginanmu.

Kemudian kamu ukur berapa ukuran lenganmu. Caranya:

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Kamu bisa pakai meteran kain langsung di lenganmu, atau kamu juga bisa mengukurnya dengan tali, terus tandai, udah gitu ukur di penggaris biasa, deh. Nah, udah gitu ikat mati ujung gelangmu sepanjang ukuran lengan yang udah kamu ukur tersebut. Ini akan jadi ujung B.

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Lalu kamu jahit kancing di ujung B.

Kaitkan lubang di kancing, dan jadi deh! Kamu bisa kombinasikan warna, jenis manik-manik, jenis tali atau pita, sesuai kreasimu!

Saat gelangmu udah jadi…

Jual!

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!

Caranya:

  • Ambil foto produkmu. Pake cahaya natural seperti cahaya matahari, dan kalo bisa sih dilakukan di luar ruangan. Kamu juga bisa taro aja tuh gelangnya di rumput, dan fotonya akan keliatan profesional!
  • Jangan jual terlalu mahal; setidaknya kamu jual dengan harga modal + [50% x modalmu]. Misal modalmu Rp3000, kamu bisa jual dengan harga Rp4500. Kalo masih kemurahan, bisa kamu jual dengan 1x lipat modal (jadinya Rp6.000). Selama masih masuk akal, kamu bisa bereksperimen dengan harga jual.
  • Buat merkmu sendiri; cocokkan dengan konsep produkmu, dan harus simple supaya gampang diinget.
  • Buat kontak baru, seperti: bikin akun email dan LINE baru, dan jangan pake nomor pribadimu!
  • Buat akun Instagram baru untuk memasarkannya, karena lebih baik pake akun khusus supaya terlihat serius dan profesional. Jangan pake akun pribadimu, ya.
  • Kamu juga bisa jualan di marketplace kayak Tokopedia, Bukalapak, OLX, Shopee, dan lainnya, untuk memperluas pasar. Tapi lagi-lagi, bikin akun baru ya, jangan pake akun pribadimu!

Setelah berjalan…

Catat semuanya!

Do It for Duit: Jualan Gelang Handmade!
  • Catat setiap pengeluaran; berapa banyak uang untuk beli bahan atau beli kuota internet. Semuanya mesti dicatat!
  • Catat setiap hal yang kamu beli dan stok bahan yang kamu punya.
  • Catat juga perubahan followersmu untuk tau pertumbuhan bisnismu.

Tapi hati-hati!

  • Jangan beli terlalu banyak bahan; belanja sedikit-sedikit sampe kamu punya keuntungan. Kamu gak mau kan belanja bahan terus tapi gak akan kejual? Tren juga berubah cepet banget, jadi bisa aja bulan ini lagi tren A, bulan depan yang lagi laku B.
  • Baik-baik sama pembeli, jawab semua pertanyaan dengan baik.

Gak sesusah itu kok kalo kamu udah coba! Pernah gak kamu jual barang yang kamu buat sendiri? Gimana cara kamu ngejualnya?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Cirle

Pernah dong, buat stiker trus dijual, buat makanan kecil trus dijual, nyewain novel2 dan komikku,...

2 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Cirle

Kalo buat caranya sih "cari temen yang banyak" itu akan memudahkan pemasaran produk

2 bulan, 3 minggu yang lalu
Kak Sekar - Admin

Hai Cirle! Bener bangeeet! Sekarang gimana nih usaha kamu? Cerita yuk!

2 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar