Cukup D3, atau Harus S1 Ya?

Masa depan itu tidak ada yang tau, tapi kamu bisa merencanakannya!

Cukup D3, atau Harus S1 Ya?

Masa depan itu tidak ada yang tau, tapi kamu bisa merencanakannya!

Katanya, lulusan S1 lebih dihargai

Belum tentu. Yang dibutuhkan di dunia kerja itu bukan cuma gelar, tapi juga dedikasi. Anak D3 juga bisa berhasil. Yang paling penting, kamu bisa dapet ilmu yang banyak untuk dunia kerja nanti.

Katanya, lulusan S1 itu lebih gampang dapat kerja

Nyari kerja itu gak pernah mudah buat siapapun. Tapi, baik lulusan S1 maupun D3 punya kesempatan yang sama kok. Kuncinya cuma percaya diri, gak menyia-nyiakan kesempatan, dan gak pernah menyerah!

Katanya, lulusan D3 karirnya mentok

Lagi-lagi, ini urusan masing-masing individu. Kalo kamu udah targetin dan dari dalam diri kamu, kamu tuh pengen berkembang, dengan dedikasi dan kemauan yang kuat kamu pasti bisa berkembang dan maju dalam karir apapun.

Nih, tips buat kamu yang masih galau, mau D3 atau S1:

Tentukan fokusmu!

Biasanya, D3 itu lebih fokus pada keterampilan tertentu, sementara S1 pembelajarannya lebih luas dan teoritis. Ibaratnya, kalo D3 itu banyak praktek, kalo S1 banyak teori. Tergantung kamu mau yang mana: langsung praktek, atau belajar dulu? Kamu tipe orang yang kayak gimana?

Manfaatkan waktu dengan baik

Bahkan, 24 jam aja gak akan kerasa cukup kalo kamu gak jago ngatur waktu. Meski D3 dan S1 waktu belajarnya beda setahun lamanya, tapi keduanya bisa sama-sama efektif asalkan kamu sungguh-sungguh, dan punya komitmen.

Pertimbangkan biaya

Biaya kuliah memang tergantung universitas. Maka, kamu harus benar-benar teliti dan menghitung, mana yang paling cocok untukmu.

Diskusikan dengan keluarga dan orang terdekat

Jangan lupa untuk selalu diskusikan hal penting seperti ini kepada orang terdekatmu. Minta pendapat mereka, dan pikirkan matang-matang. Supaya kamu bisa mengambil langkah yang kamu rasa tepat.

Nah, setelah baca artikel ini, keputusan kamu gimana? Udah tau mau pilih apa? Kasih tau Springster, dong!