Cara Buat CV yang Menarik

Belum pernah kerja sebelumnya? Tenang, kita punya tips-tipsnya!

Cara Buat CV yang Menarik

Melamar kerjaan itu bisa jadi menegangkan, apalagi kalau kamu belum punya pengalaman kerja sebelumnya. Kalau kamu lagi ada di posisi ini jangan khawatir, kamu nggak sendirian.

Daripada bingung, mendingan baca tips membuat CV di artikel ini yuk!

  • Didalam CV jangan hanya tulis tahun lulus dan sekolah kamu aja, tapi sebutin juga kegiatan kamu diluar jam sekolah ngapain aja, misalnya kamu pernah ikut klab bahasa inggris, ini bakalan ngebuat nilai jual kamu bertambah, terus kalau kamu pernah dapet penghargaan dari sekolah bisa juga dimasukin. Jangan malu buat orang lain tau meskipun kamu lagi ngelamar kerjaan pertama kamu, kamu adalah orang yang udah siap untuk sukses.

  • Nggak sedikit orang yang asal taruh foto di CV mereka, ada yang sambil selfie, ada yang foto latarnya pemandangan. Foto kayak gini nunjukin kalau kamu belum dewasa, sebaiknya buat foto yang memberi kesan profesional. Kamu tau gak latar foto yang biasa dipake buat foto paspor? Kebanyakan perusahaan pengen foto kamu latarnya kaya gitu.

  • Jangan lupa juga sertakan kontak informasi, pastiin juga nomor hape yang kamu masukin ke CV selalu aktif ya biar nanti pas kamu dipanggil wawancara nggak susah.

  • Gunakan tata bahasa yang formal di CV kamu, ini bukan WhatsApp loh, kamu pengen buat perusahaan kagum sama kamu, perhatiin juga ejaannya udah sesuai sama EYD belum.

  • CV juga biasanya hanya menggunakan satu jenis huruf, kamu bisa coba jenis huruf profesional kayak Times New Roman, Arial atau Georgia.

Udah ikutin semua saran diatas tapi kamu masih bingung formatnya gimana? Kalau kamu pengen tau contoh format CVnya kayak apa buka disini ya!

Nah, ternyata bikin CV itu nggak sulit kan? Selamat berburu pekerjaan!

Suka dengan artikel ini? Baca artikel menarik lainnya disini: