Cara Bikin Surat Lamaran Kerja: Apa yang Boleh dan Nggak Boleh

Buat melamar kerja, yang satu ini nggak boleh kelupaan

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja: Apa yang Boleh dan Nggak Boleh

Saat melamar pekerjaan, udah pada ngeh kan kalau ada CV dan cover letter dalam dokumen yang harus disiapkan? Sebelumnya kita sudah pernah ngebahas tentang CV di artikel ini dan ini lho.

Tapi apa sih cover letter itu?
Cover letter adalah surat pengantar dari dokumen dan CV yang akan kamu kirimkan buat melamar kerja, atau kata lainnya: surat lamaran kerja. Cover letter berisi informasi detail kenapa kita adalah kandidat yang cocok untuk pekerjaan yang kita lamar.

Terus, apa yang harus ada dalam cover letter?
Ini adalah 5 poin penting dalam sebuah surat lamaran:
1. Perkenalan singkat tentang kita dan dari mana kita dapat info tentang lowongan kerja ini.
2. Sebutkan posisi pekerjaan yang kita lamar dan mengapa kita adalah orang yang cocok buat mengisi posisi tersebut. Jangan lupa kasih alasan yang spesifik.
3. Apa yang bisa kita tawarkan terhadap perusahaan. Kalo bisa cocokkan keahlianmu di CV dengan deskripsi pekerjaan yang ditawarkan.
4. Jangan lupa buat menyertakan informasi kontak kita, kayak nomor HP atau email. Jadi saat kita terpilih untuk dipanggil wawancara, mereka akan mudah menghubungi kita.
5. Jangan lupa gunakan bahasa formal yang sesuai EYD.

Sekarang, apa yang harus dihindari dalam menulis cover letter?
1. Jika kamu melamar ke beberapa perusahaan sekaligus, jangan bikin surat lamaran yang sama. Misal nih, kamu ingin melamar jadi penjaga toko di sebuah toko buku tapi juga melamar untuk jadi guru les paruh waktu di tempat bimbel. Tentu aja kamu harus tetap membedakan surat lamarannya.
2. Sekarang kita juga bisa kirim surat lamaran kerja via email. Tapi, jangan sampe kita kirim satu surat lamaran ke banyak perusahaan sekaligus dalam satu email.
3. Jangan bikin surat lamaran yang terlalu panjang. Intinya sih cukup terapin 5 poin penting dalam surat lamaran yang kami sebut sebelumnya, dan bikin semenarik mungkin!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai dengan latihan nulis surat lamaran kerjamu sendiri! Praktekin dengan menulis surat buat tempat kerja impianmu dengan mengikuti tips-tips di atas! Kami juga kepengen tau apakah kalian punya trik lain buat menulis surat lamaran kerja. Yuk bagikan tips kalian dengan mengisi kolom komentar di bawah!