Bimbel? Ngaruh Gak Sih?

Ternyata, inti dari belajar yang sukses adalah kemauan.

Tanggapan kamu (2) Bimbel? Ngaruh Gak Sih?

Bimbel, atau kelas belajar di luar sekolah ataupun kelas online, emang bisa bantu siswa untuk belajar lebih giat lagi. Tapi, kalo kamu merasa tanpa bimbel kamu tetep bisa belajar maksimal, itu gak apa-apa.

Bimbel itu gak melulu jadi patokan seseorang tuh jadi jago belajar apa enggak, karena nyatanya, gak semua orang juga cocok belajar di bimbel. Nah kalo kamu butuh belajar untuk menggapai mimpimu, ini mungkin berguna nih untukmu.

Bimbel itu ngaruh, kalo kamu:

  • Susah kalo belajar sendiri.
  • Lebih bisa kalo belajar ada yang menuntun.
  • Merasa bisa lebih teratur jika ada jadwal.

Tapi, bakal susah untuk kamu yang:

  • Lebih ngerti kalo belajar/nemuin pencerahan sendiri.
  • Gak suka belajar cepet-cepet.

Ikutan kelas bimbel itu juga ada keuntungannya kok, karena:

  • Gak formal, jadi kamu lebih santai belajarnya. Kamu juga bisa belajar sendiri di kamar kalo kamu lebih suka ambil kelas online.
  • Kamu juga bisa dapet perspektif baru dan cara baru untuk memahami pelajaran dari guru di luar sekolah.

Tapi gak enaknya:

  • Mahal.
  • Kalo kebetulan kamu ikut kelas yang banyak orangnya, akan rame dan jadinya gak efektif belajarnya.

Baik bimbel atau belajar sendiri, yang dibutuhin cuma satu. Komitmen.

Belajar di bimbel harus komitmen, karena kan udah bayar. Gak mau kan uang (orang tua) kamu terbuang sia-sia gara-gara kamu males-malesan belajarnya?

Belajar sendiri juga butuh komitmen, karena kamu tidak ada yang mengawasi. Kamu harus bisa konsentrasi dan gak gampang terdistraksi. Kamu yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri.

Jadi, bimbel atau gak bimbel, bukan berarti akan otomatis ngaruh juga ke prestasi belajarmu. Itu semua tergantung dari kemauanmu. Kamu harus benar-benar gigih!

Kalo kamu tetap ingin bimbel, ini tips untuk memilih tempat bimbel:

  • Pilih yang dekat dengan sekolah atau rumah, jadi kamu gak perlu nambah ongkos.
  • Pilih yang bener-bener mengakomodir kebutuhanmu. Mau jago Matematika, atau mau masuk ke kampus tertentu? Masuk ke Bimbel yang emang udah biasa nanganin hal-hal tersebut, dan sesuaikan dengan keinginanmu.

Kalo mau alternatif lainnya sih, kamu bisa bikin kelompok belajar bareng sama teman-temanmu! Kumpulkan orang-orangnya, dan belajar bareng deh. Kamu bisa diskusi apa aja, dan pasti lebih menyenangkan kalo belajar bareng temen-temen!

Semoga kamu menemukan cara belajar yang paling cocok untukmu ya. Yang terpenting: semangat terus!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@Septianti

Ditempat ku gak ada kelas bimbel,tp aku bisa belajar sendiri.Belajar sendiri itu enak lebih enjoy...

Baca selengkapnya 9 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, @Septianti! Ya, cara belajar setiap orang itu berbeda-beda, dan bagus untukmu kalo kamu udah...

9 bulan, 3 minggu yang lalu