Bikin Sekolahmu Hijau Lagi

Sekolah hijau, semua senang

Tanggapan kamu (2) Bikin Sekolahmu Hijau Lagi

Sekolah emang kayak rumah kedua, ya! Bayangin aja, hampir setengah hari kamu ngehabisin waktu di sekolah. Dari pagi sampai sore. Pasti makin betah kan kalau sekolahmu segar dan hijau! Makanya, sekarang kami mau kasih tips tentang gimana caranya buat nyiptain lingkungan sekolah yang hijau, bersih, dan nyaman!

Pertama, kamu bisa bikin kesepakatan sama teman-teman sekelas dan gurumu buat bawa tanaman di hari yang ditentukan. Misalnya, bawa tanaman tiap Jumat. Biar makin seru, coba janjian sama temanmu biar bawa tanaman yang berbeda-beda. Saat udah dibawa, jangan lupa rutin disirami-- tapi perhatikan juga mana tanaman yang bisa disiram dan mana yang enggak. Usahakan buat taruh di bawah sinar matahari, ya! Di saat sekolah libur, kamu bisa minta tolong penjaga sekolah buat tetap menyiram tanamannya.

Nah, kedua, kamu bisa bikin taman TOGA alias taman Tanaman Obat Keluarga. Berbagai macam obat bisa kamu dapatkan dari tumbuhan lho. Kamu bisa coba buat menanam kunyit, jahe, kencur, atau temulawak. Tanaman di bawah ini khasiatnya banyak banget! Temulawak bisa jadi obat anti radang, kunyit bisa jadi obat buat menghilangkan gatal-gatal, jahe bisa jadi obat buat menyembuhkan batuk, kencur bisa jadi obat buat menghilangkan capek. Intinya, nggak hanya bikin sekolah makin hijau. Dengan bikin taman TOGA, kita juga makin sehat!

Terakhir, bikin kerja bakti setiap sebulan sekali buat beres-beres kelasmu. Ya, kami tau kok ada yang namanya piket harian. Tapi beres-beres sebulan sekali itu penting banget. Kalo biasanya kelas cuma disapu, saat bersih-bersih bulanan coba bersihkan sudut-sudut ruangan dengan penyedot debu. Koordinasi sama wali kelasmu buat merapikan atau atur formasi bangku supaya nggak bosan. Kalo kelas rapi, siapa yang nggak senang sih?

Selamat menghijaukan kelas dan sekolahmu!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

RaiyaniRuida

Bukan hanya sekolah, tapi kampus juga:))

1 tahun, 2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei RaiyaniRuida, betul sekali, kalau bisa, ayo tanam tumbuhan di lingkungan sekitar kita, ya!...

1 tahun, 2 bulan yang lalu