Beasiswa: Aku bisa gak, ya?

Ketika kuliah adalah segalanya bagiku

Tanggapan kamu (2) Beasiswa: Aku bisa gak, ya?

Kesempatan untuk bisa masuk kuliah emang selalu terbuka buat kita--termasuk kita-kita ini yang homeschool! Kenapa? Aku udah buktiin sendiri~

Halo, namaku Naya! Singkatnya, aku harus homeschool karena keluargaku memiliki kendala ekonomi pas aku duduk di bangku SMA. Iya, aku sempat masuk SMA setahun. Tapi, aku ninggalin pendidikan formal biar bisa bantu Mama di rumah.

Sekarang, aku kuliah di salah satu universitas keren di Jakarta--gratis pula--karena aku dapat beasiswa! Pertamanya aku khawatir, takutnya karena homeschool kesempatanku untuk kuliah semakin kecil. Aku emang harus ambil tes Paket C buat bisa daftar kuliah. Gak sedikit orang yang meremehkan Paket C. Tapi, dengan semua hal yang aku dapatkan sekarang, orang-orang ini pasti gak bisa berkata-kata!

Aku punya senior yang memiliki pengalaman sama kayak aku. Namanya Rizki. Dia juga ambil Paket C, dulu. Dia kuliah di kampus yang sama denganku--ambil jurusan hukum. Lalu, kerennya, dia lanjut ambil kuliah di luar negeri dengan bantuan beasiswa LPDP!

Aku tau perjalanan ini gak segampang yang terdengar di cerita ini. Tapi, inilah hal-hal yang aku lakukan buat bisa pergi ke kampus idaman dan dapat beasiswa:

Kita harus berjuang untuk yang kita mau, jadilah pribadi yang disiplin--lalu, percaya bahwa kita bisa dapetin apa yang kita mau.

Bentuk pemikiran positif: homeschool dan Paket C bukan halangan buat kesuksesan kita!

Beasiswa: Aku bisa gak, ya?

Jangan pernah menyerah buat dapet beasiswa soalnya banyak banget, lho, beasiswa di luar sana! Siapin semua dokumen dengan sepenuh hati, kejar yang cocok sama diri kita!

Jangan bohong di atas kertas! Kita pasti harus kasih esai buat daftar beasiswa. Jadilah diri kita sendiri. Tulis dengan kapasitas diri kita: jangan plagiat atau bohong.

Beasiswa: Aku bisa gak, ya?

Kalo ditolak yang satu, ini bukan akhir dunia! Aku punya temen yang daftar beasiswa berbeda 5 kali! Dia gak pernah nyerah sampe di yang ke-6, akhirnya dia dapat beasiswa full dari pemerintah!

Nah, akhirnya sekarang aku lagi nyari mimpi-mimpi lain yang lebih besar! Selama kita punya semangat, keinginan, dan kerja keras, gak ada deh tuh yang namanya gak mungkin! Jadi, terus berusaha!

Apa kamu lagi coba buat masuk kuliah? Apa kampus favoritmu dan gimana langkah yang kamu lakukan buat masuk sana?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Aisyah8

Aq kurang berprestasi,, ekonomi sangat pas pas.an,,, ingin ikut beasiswa tpi bwt searching hp juga...

8 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, Aisyah8! Banyak, lho, beasiswa bantuan ekonomi yang bisa kamu ambil di luar sana! Jika...

Baca selengkapnya 8 bulan, 3 minggu yang lalu