Bantu Orin Milih: SMA atau SMK?

Ikutin perjalanan Orin dan bantu dia pilih petualangannya!

Tanggapan kamu (3) Bantu Orin Milih: SMA atau SMK?

Namaku Orin, dan aku masih gak tau mau lanjut ke universitas setelah SMA, atau langsung cari kerja setelah SMK. Aku punya mimpi buat ngelanjutin pendidikanku. Tapi, aku juga mau cepet-cepet jadi Desainer Grafis! Aku bisa dapetin itu kalo aku masuk ke SMK! Aku harus pilih apa? SMA atau SMK?

Bantu Orin Milih: SMA atau SMK?

Kalo Orin pilih SMA!

Aku sekarang lagi di tahun ke-2 di kampusku, dan aku ambil jurusan animasi! Coba ikutin tips dari aku, siapa tau kamu bisa lanjut ke universitas juga!

1. Pilih jurusan yang sesuai di SMA. IPA, IPS, atau Bahasa?

Aku, kan, pengen ambil jurusan animasi di universitas, jadi mendingan aku ambil jurusan IPS sewaktu SMA. Soalnya, buat masuk ke jurusan animasi, aku harus ambil tes-tes IPS. Tapi, kalo misalnya kamu pengen jadi ilmuwan, baiknya kamu ambil tes IPA. Kita bisa lihat prospek karier yang bisa kita dapat kalo kita pilih IPA, IPS, atau Bahasa. Tapi tetep inget juga kalo mimpi apa pun bisa kita raih, asal kita serius untuk meraihnya!

2. Prioritas? Tes masuk universitas atau UN, ya????

Aku tau kalo UN itu terdengar mengerikan. Iya lah, kalo gak lulus, kita harus ikut tes Paket C. Tapi terus kenapa? Aku punya banyak temen yang ambil Paket C dan mereka masuk ke kampus-kampus terkeren di Indonesia. Gak masalah, kok. Soalnya nilai UN gak ngaruh ke tes masuk universitas. Coba prioritaskan tes masuk universitas. Mudah-mudahan UN-nya ikutan beres, kok!

Bantu Orin Milih: SMA atau SMK?

Kalo Orin pilih SMK!

Aku sekarang lagi bekerja di sebuah Production House! Mau tau gak gimana cara aku menggapai mimpiku?

1. Cari SMK yang tepat. Desain grafis, sekolah akuntansi, atau akademi koki?

Aku, kan, selalu pengen jadi desainer grafis, jadi aku pilih SMK yang bisa ajarin aku komunikasi visual. Sekarang lihat aku! Aku bisa bantu seorang Art Director buat photoshoot iklan! Kalo kamu mau jadi koki, kamu bisa ke akademi memasak atau cari sekolah pariwisata. Yuk, kejar mimpimu!

2. Pelajari etika kerja~

Kalo kita masuk SMK, itu artinya kita siap-siap untuk menghadapi dunia kerja. Makanya, setiap pelajaran yang berhubungan sama pekerjaan itu penting banget. Kita bakal dinilai dari gimana kita nyelesain tugas-tugas sulit, kepemimpinan, atau bahkan kerja sama tim!

Makasih atas bantuannya, Springster! Mudah-mudahan tips dariku berguna juga! Oya, kalo kamu punya pendapat tentang hal ini, boleh banget share di kolom komen!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

irana

Bermanfaat:) InsyaAllah aku mau masuk sma jurusan IPA. Doain ya biar masuk sma yang aku pengen.

9 bulan yang lalu
@Septianti

Aku juga bingung mau pilih SMA yg negeri,SMA yg swasta atau SMK ?..kalo negeri terlalu mahal,Swasta...

Baca selengkapnya 9 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo @Septianti, apakah kamu juga sudah berdiskusi dengan gurumu di sekolah? Bagaimana dengan...

Baca selengkapnya 9 bulan yang lalu
Tampilkan komentar