Anggap Seperti di “Rumah” Sendiri

Cara tetap aman kerja di rumah orang lain!

Anggap Seperti di “Rumah” Sendiri

Pilihan yang ada di depan kita kadang gak cukup banyak sehingga kita harus memilih hal yang gak terlalu kita inginkan. Termasuk juga dengan urusan pekerjaan, dan gimana jika itu adalah menjadi asisten rumah tangga —gimana untuk membuatmu tetap aman saat bekerja?

Setiap pekerjaan tentu punya risiko dan bahayanya masing-masing, dan “kerja dari rumah” kayak gini, bahaya datang gak cuma dari luar tapi juga bisa jadi datang dari dalam rumah. Untuk mengurangi risiko bahaya, kamu bisa mengikuti tips-tips ini, jadi kamu akan selalu aman.

  1. Jangan sendirian dengan bos di rumah.
  2. Kalo kamu diminta untuk masuk ke kamar sendirian, pastikan orang lain di sekitarmu tau.
  3. Selalu sediakan kunci cadangan di kantongmu, jadi kamu bisa punya kesempatan untuk kabur jika terjadi hal-hal yang buruk.
  4. Simpan nomor-nomor penting di handphone-mu, seperti: nomor bosmu yang lain, nomor orang tuamu, nomor kantor polisi terdekat atau nomor kantor satpam sekitarmu.
  5. Selalu kabari orang tuamu, dan orang lain yang kamu percaya.
  6. Jika ada gelagat aneh yang mencurigakan dari bos atau anggota rumah yang lain, percaya nalurimu dan kalau hal buruk terjadi, jangan ragu untuk beri tahu orang dewasa yang kamu percaya, karena mereka pasti bisa memeberikan bantuan untuk membuatmu tetap aman.
  7. Pastikan dari awal semuanya jelas. Lebih baik lagi kalau kamu punya kontrak tertulis dengan bosmu sebelum kamu bekerja, jadi kamu tau batasan apa yang harus dan jangan kamu lakukan, dan apa yang akan kamu dapatkan dari pekerjaan tersebut.

Karena, bekerja yang ideal itu adalah saat atasanmu memperlakukanmu dengan baik sehingga kamu bisa bekerja dengan sebaik-baiknya pula.

Apa kamu punya tips lain yang bisa kamu bagikan untuk selalu merasa aman saat bekerja di rumah orang lain?