Ada Tes? Jangan Stres!

Biar enggak stres, kita latihan dulu yuk!

Ada Tes? Jangan Stres!

Kamu tau gak sih Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) itu termasuk tes yang paling ditunggu-tunggu para pencari kerja di negara kita? Buat yang belum tau, CPNS itu tes masuk untuk jadi pegawai negeri di lembaga pemerintah pusat dan daerah.

Nah, biasanya dari sekian puluh ribu orang yang melamar pekerjaan ini, hanya sedikit yang akan diterima. Maka dari itu, selain menyiapkan semua dokumen dengan baik, kamu juga perlu strategi untuk lolos dalam serangkaian ujiannya.

Yuk intip tips-tipsnya:

Pelajari tesnya

Cari tahu dulu seperti apa tes yang akan diberikan, berbasis komputer atau tidak, berapa skor kelulusan untuk setiap materi yang diujikan, kira-kira apa saja materi yang akan diujiakan.

Latihan!

Kamu tinggal download, pinjam atau beli buku contoh soal ujian CPNS. Kerjakan soal-soal tersebut seperti kamu sedang mengerjakan ujian sesungguhnya. Perkirakan juga berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan satu set soal ujian.

Ingat! Kuncinya adalah pandai mengatur waktu

Ini berlaku untuk semua ujian yang kamu hadapi. Kalau kamu diberi waktu 90 untuk menjawab 100 butir soal, artinya 1 soal harus dikerjakan tidak lebih dari 1 menit.

Di sini kamu juga harus menajamkan keahlian berhitung, membaca cepat dan berpikir logis.

Kerjakan yang termudah terlebih dahulu

Untuk semua ujian, ini adalah tips paling dipakai. Jawab terlebih dahulu soal yang kamu anggap mudah, kerjakan yang sulit kemudian. Pastikan kamu menjawab semua soal, jangan ada yang kosong.

Practice makes perfect. Bener banget. Kira-kira kamu punya tips tambahan atau trik sendiri saat menjawab soal ujian? Yuk bagi di kolom komentar!