Ada Lowongan Kerja Impianmu? Lakukan Ini!

Tetap hati-hati ya!

Ada Lowongan Kerja Impianmu? Lakukan Ini!

Akhirnya kamu nemuin lowongan pekerjaan yang kamu idam-idamkan. Tapi, tetep aja kamu gak bisa langsung ngelamar gitu aja. Ini hal-hal yang harus kamu lakukan:

Pastikan lowongannya bukan boongan

Mungkin banget lho lowongan pekerjaan itu dipalsukan. Ciri-cirinya, biasanya disertai dengan syarat-syarat aneh seperti: kita harus ngirim sejulah uang terlebih dahulu, atau ngehubungin nomor pribadi —bukan nomor kantor. Lihat ciri-ciri lengkapnya di sini.

Cari tau lebih jauh soal perusahaannya

Lebih baik cek segala hal tentang perusahaannya, jadi kamu tau lokasinya di mana, perusahaan seperti apa itu, dan sebetulnya pekerjaan seperti apa yang akan kamu lakukan nantinya jika diterima.

Memperkirakan rute

Sebelum melamar, cek rute dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk pergi dan pulang dari kantor ke rumah atau kosanmu. Jadi, kamu bisa mengira-ngira ongkosnya, dan apakah masuk akal atau tidak jika kamu menjalaninya setiap hari.

Siapkan CV dan surat lamaran kerja

Setelah kamu yakin perusahaannya asli dan kerjaannya beneran ada, siapkan CV terbaikmu! Kamu bisa cek tips-nya di artikel ini ya.

Taklukan wawancaranya!

Saat kamu sudah menyiapkan semuanya dan dipanggil untuk wawancara, kamu tinggal percaya pada dirimu sendiri, lakukan yang terbaik, dan selalu berharap untuk hasil yang terbaik pula!

Mungkin gak mudah untuk mencari pekerjaan, jadi kamu harus selalu berbesar hati menerima apapun hasilnya, ya. Semangat terus dan semoga berhasil!