5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

Inilah beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan kinerja otak saat ujian.

Tanggapan kamu (41) 5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

Ujian tinggal sebentar lagi loh! Kamu sudah siap? Pastinya dong. Apa sih yang bisa nyetop seorang cewek yang udah penuh persiapan? Nggak ada deh kayaknya.

Kecuali pas dia lagi laper. Perut kosong = alasan mager (males gerak).

Makanya, makan yang teratur saat ujian itu penting. Dan ternyata ada loh makanan yang bisa ningkatin daya pikir dan konsentrasi kita, makanan-makanan ini disebut brain food. Nah, kami udah ngumpulin nih list konsumsi yang baik semasa ujian, yaitu:

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

1. Karbohidrat

Tanpa adanya energi, otak kita nggak akan bekerja. Ia hanya akan diam disana dan marah-marah ke kamu. Energi datangnya darimana sih? Energi untuk tubuh datangnya dari semua yang kamu makan, khususnya karbohidrat. Nah, nasi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat. Selain nasi, kalian bisa juga makan ubi, singkong, dan kentang. Tapi jangan kebanyakan, nanti malah bikin badan terasa lemas!

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

2. Omega 3

Setiap orang pasti punya senjata rahasia, dan Omega 3 adalah senjata rahasia untuk ningkatin daya otak kita. Minyak Omega 3 meningkatkan pertumbuhan neuron dan sirkulasi selebral otak -- intinya, otak kita berkembang jadi lebih baik! Selain melindungi, omega 3 juga bikin kalian nggak cepet lupa. Nah, omega 3 paling banyak di dapati di makanan laut, ikan contohnya. Banyakin deh makan ikan tongkol atau makarel, rutin 2x seminggu misalnya.

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

3. Kacang-kacangan

Kuaci, almond, kedelai, kacang ijo, dst. Pokoknya kacang deh. Vitamin E dan Zinc yang ada di kacang meningkatkan daya ingat dan berpikir cepat. Ngafalin tokoh sejarah sambil nyedot susu kacang ijo? Boleh banget!

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

4. Anti Oksidan

Nah, yang satu ini untuk melindungi sel otak kita dari kerusakan. Tau kan kalo setiap detiknya, kurang lebih 10,000 sel otak kita mati karena pengaruh radikal bebas? Apalagi kalo ditambah stres mikirin ujian. Apa yang harus kita lakukan untuk mengganti sel-sel otak yang mati tersebut? Tingkatkan anti oksidan di tubuh. Perbanyak asupan sayur kayak brokoli, tomat, kale, sawi dan kol hijau. Khususnya, sayuran yang berwarna ijo tua. Sayur sangat baik untuk meningkatkan nutrisi dan kekebalan tubuh.

5 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Ujian

5. Cemilan sehat

Kamu bisa jadi anak paling pinter sedunia, tapi yang namanya ujian pasti bikin was-was juga kan. Nah kalo udah stres, kita biasanya ngambil keputusan yang buruk -- kayak nyemil atau jajan junk food! Emang sih lezat, tapi junk food itu isinya cuma kalori kosong. Gula dan minyak junk food bakal bikin badan semangat satu jam ke depan tapi habis itu? Badan jadi lemes. Soalnya, makanan yang mengandung banyak gula, garam atau minyak, bikin tubuh lebih cepat lelah karena dituntut untuk bekerja keras mencerna. Jadi, lupain dulu deh makan fast food, goreng-gorengan dan gula berlebih menjelang ujian! Pilihlah camilan yang bikin badan sehat dan pikiran segar kayak roti atau susu dan sereal.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Lunamoy

Kak saya mau nanyak apa benar antioksidan dapat memperkecil resiko kangker

3 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Lunamoy! Yak, betul sekali! Tapi ingat, harus dikonsumsi teratur yaa! Dan hindari hal-hal yang...

3 bulan yang lalu
Lunamoy

Kak aku pernah nyoba 5makanan itu tapi kok tetap ya aku engak konsentrasi

3 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Lunamoy! Bisa jadi kamu kurang istirahat atau begadang (?). Selain makan, kamu juga harus...

Baca selengkapnya 3 bulan yang lalu
Tampilkan komentar