5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

Cari tau beberapa cara untuk tetap tenang dalam banyak tekanan!

Tanggapan kamu (47) 5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

Gelisah guling-gulingan-kayak-kucing-merana menjelang ujian?

Sama.

Bolak-balik ngafalin materi tapi malah blank sama sekali? Tenang dulu. Tutup matamu dan hela napas yang panjang. Ucapkan ini pada dirimu: “Ini hanya sebagian tantangan yang akan aku lewati dengan sukses dalam hidup. Aku tau aku bisa!”

Sekarang, kita kasih tau nih 5 cara melewati ujian tanpa stress!

5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

1. Makan dan tidur teratur

Udah bukan rahasia lagi kalo apa yang kita makan akan mempengaruhi tubuh kita. Menjelang ujian, makanlah makanan yang bergizi tinggi. Kurangi jajan yang nggak sehat. Nggak lucu kan kalo tetiba kamu sakit perut, batuk atau demam pas hari H. Psst, kita udah pernah bahas ini loh sebelumnya. Baca artikel ini untuk tau makanan lezat yang baik untuk otak maupun perutmu! Oke, lanjut. Tidur juga harus cukup, percuma makan sehat kalo jadwal tidurmu kacau. Tidur itu ngebantu otak kita untuk memproses segala hal yang telah dipelajari dan menajamkan daya ingat! Kelar belajar lalu melingkar bundar dalam selimut sepertinya ide yang baik!

5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

2. Tarik nafas dalam-dalam

Pernah nafas kan? Ya pasti lah. Kalo nggak, gimana kalian bertahan sampe sekarang. Tapi mungkin selama ini kalian ngeh, kalo bernafas tuh ada jenis-jenisnya! Yang kita mau bahas kali ini namanya deep breathing. Kita mulai ya: Tarik napas sedalam-dalamnya hingga paru-paru penuh, tahan sebentar -- hitung sampai 7 -- lalu hembuskan. Efek yang akan bakal kamu dapat? Tenang dan pikiran yang jernih.

5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

3. Nyalakan musikmu!

Musik bikin hidup lebih hidup. Seringkali saat sedih kita dengerin musik yang sesuai. Nah, pas kondisi pikiran sedang penat-penatnya menghadapi ujian, dengerin musik yang bikin kalem! Cobain deh musik instrumental, atau musik-musik klasik. Jangan musik metal! Nanti kalian malah pusing. Mendengarkan musik tenang terbukti ampuh membuat kita jadi lebih fokus dan tenang.

5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

4. Uji dirimu

Persiapan terbaik sebelum ujian? Latihan. Bikin try out kecil-kecilan. Istilahnya, simulasi! Buatlah dirimu terbiasa ngerjain banyak tipe soal. Ini menjadi indikator seberapa jauh kamu memahami materi. Mulailah dari soal-soal yang sulit dahulu supaya kamu nggak kaget nantinya. Beli deh buku latihan ujian di toko buku terdekat. Lalu di rumah, latihan sama kakak atau ibu. Gimana pun juga, praktek akan lebih baik daripada seribu teori. Sering latihan, siap menghadapi ujian deh jadinya!

5 Cara Mengurangi Stres Saat Ujian

5. Mencicil pelajaran

Menunda adalah kebiasaan buruk. Apalagi kalo sudah tau kamu mau ujian tapi kamu nggak nyicil belajar. Apapun yang sifatnya mendadak dan dipaksakan nggak akan berakhir baik. Otak akan lelah dan malah lupa kalo kamu menjejalkan semuanya semalam sebelumnya! Salah kalo mau mikir SKS alias Sistem Kebut Semalam adalah cara yang ampuh. Mulai cicil belajar minimal sebulan sebelum ujian agar tidak menumpuk dan membuat otak kusut.

Semangat ya, kami percaya kalian pasti lulus dengan hasil gemilang!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Chylson

UNBK BISA!!

10 bulan, 1 minggu yang lalu
@Septianti

Oh sekarang aku tau,tp tetep aja aku takut buat ngadepin ujian

11 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hei, @Septianti! Gak perlu takut, yaaa. Kalau dipersiapkan dengan optimal, gak ada yang perlu kamu...

11 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar