4 Taktik Ampuh Sukses Ujian!

Psst, kita bocorin nih cara-cara ampuh ngisi soal ujian!

Tanggapan kamu (111) 4 Taktik Ampuh Sukses Ujian!

Ujian bikin kamu cemas? Deg-degan heboh gitu? Santai! Semua ada solusinya!

Kali ini kami bakal bahas hal-hal praktikal yang bisa kalian coba dan buktikan saat ngerjain soal ujian. Kan persiapan belajar, makan sehat, tidur cukup dan doa nya sudah nih. Sekarang, waktunya tempur langsung di ruang ujian! Sama dengan perang, ngerjain soal ujian juga perlu strategi khusus. Gimana caranya kamu mengukur dan memanfaatkan waktu, taktik dalam ngadepin soal sulit dan lain sebagainya. Kurang lebih, strateginya adalah:

4 Taktik Ampuh Sukses Ujian!

1. Ketika soal sudah ditangan, lakukan review kilat.

Ya. Pas soal udah nyampe tanganmu, ulas dengan cepat lembaran kertas tersebut. Cek total kertas ujian. Perhatikan jenis soalnya. Apakah PG semua, atau malah ada 5 soal esai di belakang, dst. Nggak lucu kan kamu udah cengar-cengir ngerjain PG, tapi begitu kamu balik lembar, ada 10 esai menanti padahal waktu tinggal sedikit? Makanya, dicek dulu. Biasakan teliti membaca bagian-bagian soal. Jangan takut bertanya pada guru kalo ada yang lembaran yang kurang atau soal yang kamu nggak ngerti. Ke guru lho ya, bukan teman. Usaha nyontek itu namanya.

4 Taktik Ampuh Sukses Ujian!

2. Prioritaskan soal-soal yang gampang

Perlu diingat, kalian bisa loncat-loncat dalam ngerjain soal. Nggak harus mulai dari nomor 1 terus. Mau ngerjain esai dulu supaya nantinya cepat milih PG? Sah-sah aja. Tapi biasanya, orang lebih percaya diri ngerjain yang gampang-gampang dulu baru nantinya naik ke tahap yang lebih sulit. Karena kamu tau soal-soal tersebut bisa kamu selesaikan dengan cepat dan benar!

4 Taktik Ampuh Sukses Ujian!

3. Buruan tulis rumus atau hafalan yang susah kamu ingat

Bagi sebagian orang, begitu kertas ujian sampai di tangan….mereka lupa segalanya karena grogi. Gawat kan. Sebelum itu terjadi, buruan tulis apa yang kamu ingat ke lembar soal. Entah itu rumus frekuensi getaran atau tahun-tahun UUD resmi dicetuskan, pokoknya sudah aman tertulis di lembar soal mu. Mungkin nggak keluar di soal, tapi setidaknya kamu merasa tenang dan nggak panik saat kamu beneran lupa apa yang udah kamu pelajari!

4 Taktik Ampuh Sukses Ujian!

4. Jangan berkutat di 1 soal

Kita ngerti banget perasaan gregetan karena nggak bisa mecahin satu soal. Kayak, “AAH aku pernah ngerjain soal kayak gini tapi jawaban ku kok nggak ada di pilihan? Aku salah itung? Aku salah rumus??? YA TUHAN TOLONG HAMBA.” Stop. Berhenti menyiksa diri dan menyita waktu. Inget, ujian itu ada batasan waktunya. Dan saat kamu mentok lebih dari 15 menit ngerjain 1 soal doang, ada baiknya kamu pass dulu soal tersebut. Kerjakan dulu soal lain dengan pasti, baru kembali lagi ke soal itu.

Percaya diri dalam mengerjakan soal ujian adalah kunci utama sukses ujian. Good luck, girls!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@socanne

Baguzz banget artikel nya, andai disini ada kolom untuk kita kita agar bisa membagi sebuah kisah...

7 bulan, 1 minggu yang lalu
Kurnia

Kak,Sekar Aku lg banyak soal ujian nih,udah banyak ,Sulit lagi ,Jadi Aku harus bagai mana dong k...

7 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Kurnia! Yang jelas jangan dibawa stres ya. Kalau kamu masih bisa diskusi sama guru dan teman...

Baca selengkapnya 7 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar