Aku Usaha Apa Ya?

Kenali diri, gali minat dan bakatmu!

Tanggapan kamu (20) Aku Usaha Apa Ya?

Kebayang kepingin bisa cari uang tambahan dan coba jualan kayanya seru juga. Apalagi sekarang kita dengan mudah bisa memakai Facebook, Instagram, atau bahkan buat blog untuk jualan. Tapi bingung nih, kira-kira kita bisa jual apa ya?

Tulisan

Banyak lho majalah yang mau nerima tulisan cerita pendek dan artikel. Selain bisa melatih kemampuan, kita juga dapat bayaran lho! Siapa tahu kalau sudah terlatih kita bisa membuat buku sendiri.

Gambar

Mungkin kamu suka melukis atau buat sketsa, atau, membuat kartun, saat ini gambar-gambar kita bisa kita jual di Internet.

Tulisan Indah

Pilih kata-kata yang menginspirasi, kaligrafiin dan jual. Ini bisa kita titipkan di kantin atau kooperasi sekolah dan tentunya Internet. Terimalah pesanan jika temanmu ingin namanya ditulis dengan gaya kaligrafi atau pesanan lainnya.

Kue Tradisional

Coba ke pasar tradisional pagi-pagi buta, biasanya di saat inilah kita bisa beli kue tradisional dengan harga grosir. Beli sedikit saja dulu, sambil catat ada kue apa saja yang bisa kamu jual lagi. Ambil keuntungan kemudian jual ke teman-teman atau tetangga kita atau bahkan di Internet! Kue tradisional modalnya jauh lebih murah dibanding cupcake dan cake.

Kerajinan Tangan

Bikin tempat pensil atau box hasil daur ulang dari barang bekas yang ada di rumah, buat taruh alat tulis. Cobalah berkreasi.

Alat Tulis

Jualan pensil, penghapus, penggaris pastinya dibutuhin sama temen-temen sekolah kita setiap waktu. Caranya, tanya teman barang apa yang cepat habis dan mereka terpaksa beli terus? Mungkin penghapus? Pulpen? Tanya juga sukanya model yang kaya gimana, harga berapa, merek apa. Kemudian kamu ke pusat grosir alat tulis di kotamu dan beli 1 benda saja secara grosir, lalu kamu bisa tawarkan ke teman-temanmu dan terima pesanan dari teman untuk alat tulis yang mereka inginkan. Mintalah uang muka jika teman kamu mau memesan darimu. Beri tahu uang muka tidak bisa dikembalikan jika mereka berubah pikiran atau tidak jadi membeli.

Aksesoris

Gantungan kunci, gelang atau kalung yang kita bikin sendiri juga bisa laku asal kamu buat dengan rapi dan sesuai tren yang sedang berlaku saat ini.

Dari sekian pilihan ini sebetulnya masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita jual. Coba deh kita membuka mata, apa yang sedang dibutuhkan oleh lingkungan kita dan bisa kita jual. Yuk, coba observasi, peluang usaha bisa saja ada di depan mata kita!

Kejar impianmu!

Nina

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

situs apa yg nrima tulisan dan gmbar??

7 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Anonymous! Untuk tulisan, kamu bisa mulai menulis di blog seperti di Wordpress.com atau...

Baca selengkapnya 7 bulan, 3 minggu yang lalu
@alishachoi

Kak,gimana nikh caranya ngirim tulisan? Atau bikin tulisan online terus dapet duit?

9 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai @alishachoi! Kamu bisa coba kirim tulisan ke kompetisi menulis dari Springster dulu hehe....

Baca selengkapnya 9 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar