Yuk, Ngobrol Soal P-U-P yang Gak Teratur!

Dan gimana caranya biar mereka teratur lagi!

Tanggapan kamu (3) Yuk, Ngobrol Soal P-U-P yang Gak Teratur!

Ugh, temen-temen, kalian tau gak sih, pagi ini, aku udah ke toilet lebih dari 2 kali…

Aku bingung deh, aku udah kayak gini sejak hari pertama aku mens. Tapi sebelumnya, aku malah konstipasi.

Kok bisa ya berubah 180 derajat cuma dalam beberapa hari?

Aku tanya mamaku, apakah aku baik-baik aja. Aku bilang, beberapa hari yang lalu, aku susah pup. Tapi sekarang, aku malah susah buat gak pup! Mama ketawa, dan ngasih aku segelas air putih. Dia bilang, aku harus banyak minum air putih karena aku pup terus!

Mama terus menjelaskan, kalau ada beberapa alasan kenapa perut kita kacau balau pas mensturasi. Beberapa di antaranya adalah:

Ternyata, beberapa hari sebelum kita mens (atau di paruh kedua siklus menstruasi) badan kita membuat lebih banyak progesterone, yang terjadi setelah badan kita mengeluarkan ‘telur’. Itu hal yang baik, tapi progresterone sesungguhnya memperlambat kontraksi perut,, dan membuat kita merasa kembung dan konstipasi.

Tapi setelah kita mulai mens, mungkin banget buat kita ngerasa hal yang sebaliknya. Karena level progesterone kita mulai turun dan kontraksi perut lancar lagi, makanan akan turun lebih cepat dibanding sebelumnya. Mungkin juga karena prostaglandins, sesuatu serupa hormon yang dikeluarkan oleh uterus dan bisa memicu nyeri -- yang berakibat di sakit mens dan kadang diare.

Itulah yang kira-kira bisa menjadi penyebab pup yang tidak teratur, tapi tentu saja, gak semua cewek mengalaminya!

Mama pun menyarankan aku untuk mengonsumsi makanan yang gak akan bikin diare aku makin parah.

Mama bilang, aku harus mengonsumsi makanan yang punya kandungan garam dan gula yang seimbang, untuk membuat aku terus terhidrasi. Jadi, mama membuatkan aku sayur sop ayam untuk menu makanan hari ini, yes!

Yuk, Ngobrol Soal P-U-P yang Gak Teratur!

Selain itu, mama juga menyarankan aku untuk mengonsumsi makanan rendah serat seperti nasi dan pisang. Pisang juga tinggi di potasium dan bisa membantu mengganti nutrisi yang hilang saat sedang diare.

Saran terakhir saran favorit aku! Mama bilang, aku harus minum minuman probiotik. Itu lho, minuman yang mengandung banyak bakteri baik seperti yogurt atau Yakult! Aku sukaaaa banget minuman kayak gitu, dan mama janji mau beliin lagi!

Aku senang banget aku bilang ke mama aku! Aku ngerasa lebih baik setelah tahu apa yang terjadi, dan saran-saran mama juga keren! Emang ya, ngomong ke orang lain tuh bikin kita ngerasa lebih baik.

Kalian gimana, girls? Pernah ngerasain hal yang sama gak? Semoga penjelasan dan saran dari mama aku bisa bantu kalian, ya, soalnya aku ngerasa terbantu banget!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

HumanOnTheEarth_

Aku lagi ngalamin itu sekarang :'(

1 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo gingerbread242! Waah, terus kamu udah coba cara di atas belum? Semoga cepat lancar yaaa!

1 bulan yang lalu
8880

Aku blm Prnh cobain

1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar