Yang Terjadi di Kulitmu Sebelum Menstruasi

Setiap orang gejalanya bisa berbeda-beda, dan itu gak apa-apa!

Tanggapan kamu (4) Yang Terjadi di Kulitmu Sebelum Menstruasi

Menstruasi adalah hal yang umum dialami oleh wanita di seluruh dunia. Tapi, gejala yang datang seiring dengan mensturasi, bisa berbeda bagi setiap orang. Baca yuk pengalaman teman-teman Springster di bawah ini, siapa tau ada yang kayak kamu

Sarah, 11 tahun - Super berminyak

Yang Terjadi di Kulitmu Sebelum Menstruasi

Kalo aku, kulitku jadi super berminyak. Terutama di T-zone, alias di sekitar alis hingga ke hidung. Aku udah baca-baca, kalo si minyak berlebihan ini muncul karena hormon estrogen dan progesteron yang lagi getol-getolnya diproduksi oleh tubuh saat lagi menstruasi. Caraku mengatasinya, sih, aku banyakin makan sayur, buah, dan minum banyak air putih. Aku juga ngehindarin banget tuh makanan dan minuman manis, yang pake gula pasir dan pemanis buatan, kayak donat, kue, teh manis, ya yang gitu-gitu. Kan gak baik juga untuk kesehatan. Aku juga rajin cuci muka pake sabun muka yang mengandung salicylic acid, dan rajin pake kertas penyerap minyak. Jadi supaya orang lain gak silau liatnya :p

Nafisa, 14 tahun - Jerawat di mana-mana

Yang Terjadi di Kulitmu Sebelum Menstruasi

Kalo minyakan sih bukan lagi ya, selain muka kayak kilang minyak, jerawatan pula! Kadang di hidung, kadang di dagu, atau di kening. Tipsku mengatasinya:

1) Aku makan sehat! Aku ganti roti tawar dengan roti gandum atau pisang, ganti minuman manis dengan teh tawar atau jamu (kayak wedang jahe atau kunyit asem), ganti keripik kentang dengan tempe goreng buatanku atau kacang rebus, dan banyakin buah kayak pepaya, nanas, jeruk, dan juga sayur kayak caisim, bayam, dan kangkung.

2) Aku selalu bawa sabun cuci muka anti jerawat, lengkap dengan handuk kecil bersih yang selalu ganti setiap hari.

3) Aku juga pake acne-sealing gel, supaya jerawatnya gak kena debu dan cepet kempes.

4) Aku tahan diriku supaya gak megang-megang jerawatku, apalagi memencetnya. Supaya bakterinya tidak tersebar ke bagian wajah lain, dan supaya gak meninggalkan bekas!

Dita, 17 tahun - Kulit jadi kering

Yang Terjadi di Kulitmu Sebelum Menstruasi

Beda dengan orang lain, kalo dapet kulitku malah suka kering gitu. Katanya sih gara-gara hormon estrogen. Sebagai solusinya, aku minum air putih yang banyak, makan alpukat, ati ayam, ubi, kacang, dan ikan, karena mereka mengandung vitamin B6 yang baik untuk kulit. Aku juga selalu bawa lotion/krim, saat wajah lagi terasa kering-keringnya.

Femella, 15 tahun - Gatal-gatal

Yang Terjadi di Kulitmu Sebelum Menstruasi

Selain kering, kulitku juga jadi ada ruam-ruam merah. Kayak habis dicubit, padahal enggak. Mungkin karena kalo dapet tuh kulit jadi sensitif banget kali ya. Jadi aku makan pisang, telur, tempe, sayuran segar seperti bayam, selada air, kol, kembang kol, dan banyak minum air putih. Aku juga suka pake krim pelembab untuk bayi di daerah yang gatel (soalnya kalo pake yang untuk orang dewasa, merahnya suka tambah parah) setiap habis mandi, dan sebelum tidur.

Beragam sekali, ya? Penting lho, kamu tau apa masalah kulitmu, dan tau gimana kamu mengatasinya. Supaya semuanya bisa kamu cegah dan kamu gak perlu panik saat ini terjadi. Nah, kalo masalah kulitmu saat lagi dapet, kayak gimana? Apa kamu punya tips lain? Ceritain dong di kolom komentar :)

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Nurelsa

Semua itu aku banget

3 hari, 20 jam yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

hai Nurelsa! Hampir semua kita di sini mengalami itu kok :) Yang penting sekarang kamu udah tau kan...

3 hari, 15 jam yang lalu
Mîmîy

Kak bener gk sih klau bawang putih bisa bikin jerawat hilang??

3 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Mîmîy! Springster pernah nih, bahas tentang bahan alami untuk kecantikan di artikel ini...

Baca selengkapnya 3 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar