Yang Kamu Nggak Tau dari Manisnya Susu Kental Manis

Tunggu dulu! Ini gula atau susu?

Tanggapan kamu (2) Yang Kamu Nggak Tau dari Manisnya Susu Kental Manis

Biasanya sih kita menyebutnya susu, tapiiiii apa sih susu kental itu? Susu kental adalah susu sapi yang dikurangi kandungan airnya pada suhu panas sehingga menjadi pekat/kental.

Susu kental biasanya sering tersedia dalam bentuk susu kental manis, yaitu susu kental yang dalam proses pemanasannya sudah ditambahkan gula, jadi hasilnya sangat kental, dan sering digunakan pada makanan cemilan favoritmu seperti jus, martabak manis, atau bahkan es teler.Susu kental yang tidak manis udah sangat susah kita temukan sekarang. Iya nggak?

Nah, tapi tau nggak sih kalo susu kental manis mengandung 60% gula?! Pada kandungan gizi susu kental manis terdapat lebih banyak gula dengan protein yang rendah. Selain itu, kalsium pada susu kental manis juga cuma mencukupi 15% dari kebutuhan kalsium kamu.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang (piramid gizi), disebutkan kalo kebutuhan gulamu dalam sehari harusnya nggak lebih dari 4 sendok makan (50g).

Tau nggak apa yang terjadi kalo kebanyakan mengonsumsi gula?! Itu bisa menyebabkan kegemukan atau bahkan diabetes. Kamu juga bisa sakit gigi dan bisa merusak gigi!

Jadi gimana ya solusinya?! Coba untuk mengganti susu kental manis dengan mengonsumsi jenis susu yang lain, kayak susu kedelai atau susu murni. Kamu juga bisa membatasi konsumsi susu kental manismu dengan cuma mengonsumsinya sebagai pelengkap di cemilanmu--bukan sebagai konsumsi susu harianmu!

Jadiii itulah fakta di balik manisnya susu kental manis! Gimana menurutmu? Yuk batasi konsumsi susu kental manismu! Beri tau kami apa pendapatmu lewat komentar di bawah ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Zellazell

Lebih baik kita menghindari minum2an manis. Karena nasi yg kita makan pun mengandung gula. Bisa di...

2 minggu, 2 hari yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Zellazell! Terima kasih sudah mengutarakan pendapatmu di Springster! Jangan lupa ajak teman kamu...

1 minggu, 2 hari yang lalu