Yang Harus Ada di Tas Saat Pubertas!

Satu tas kecil buat semua hal terkait pubertas!

Yang Harus Ada di Tas Saat Pubertas!

Hai, namaku Lilis, 10 tahun! Aku punya kakak bernama Rina. Dia 4 tahun lebih tua dari aku. Aku seneng jalan-jalan sama Kak Rina. Dia orangnya seru banget. Jarang marah dan selalu siap sedia. Aku kagum banget sama dia.

Ada satu hal yang aku sadari dari Kak Rina, dia selalu bawa tas kecil yang sama ke mana-mana. Aku pernah tanya apa yang ada di dalamnya. Terus dia jelasin kalo nanti aku akhirnya mengalami masa pubertas, ada banyak hal yang akan berubah, dan penting banget buat kita untuk siap-siap. Pertamanya, aku takut untuk ngalamin pubertas, tapi katanya, justru itulah gunanya tas Kak Rina! Dia akhirnya ngasih tau semua perubahan yang akan terjadi ke tubuhku dan gimana cara barang-barang yang ada di tasnya bisa bantu dia.

1. Bau badan

Yang Harus Ada di Tas Saat Pubertas!

Kak Rina bilang, saat seorang perempuan memasuki masa pubertas, bulu akan muncul di ketiaknya. Jadi, kita harus merawat ketiak agar selalu bersih. Itulah kenapa Kak Rina selalu bawa deodoran.

2. Menstruasi

Yang Harus Ada di Tas Saat Pubertas!

Kita tau kalo kita udah mulai haid, itu artinya kita udah mulai pubertas. Haid datang tiap bulan; dan kadang di waktu yang gak menentu. Jadi, Kak Rina bilang aku harus bawa pembalut atau tampon kapan pun, di mana pun.

3. Jerawat

Yang Harus Ada di Tas Saat Pubertas!

Menurut pengalaman Kak Rina, saat kita lagi di masa pubertas, kulit kita juga bakal berubah. Muka kita bakal lebih berminyak, dan hal itu bisa bikin kita jerawatan. Jadi, Kak Rina selalu bawa pencuci muka untuk mengatasi kulit muka yang berminyak dan berjerawat.

4. Mood jelek

Yang Harus Ada di Tas Saat Pubertas!

Saat kita lagi haid, kita bisa ngalamin perubahan mood yang cepat, ini kata Kak Rina. Terus hal-hal kecil bisa ganggu kita. Jadi dia selalu bawa barang yang bisa bikin dia happy! Kayak sisir buat rapiin rambutnya, atau buku favoritnya. Ohya, dia juga siapin cokelat dan permen, jaga-jaga untuk bikin dia semangat lagi kalo mood-nya lagi jelek.

Aku belajar banyak banget dari Kak Rina dan tas kecilnya! Sekarang aku gak takut lagi sama pubertas dan aku siap untuk menyambutnya! Seneng banget aku punya seseorang yang bisa ngasih tau hal ini ke aku!

Bagaimana denganmu? Apa kamu juga selalu siap dengan hal-hal di atas? Kasih tau, yuk, apa aja barang yang harus ada di tasmu!