Apa yang Terjadi di Dalam Perutku?!

Puber...semua orang ngalamin kok!

Tanggapan kamu (244) Apa yang Terjadi di Dalam Perutku?!

Mungkin kamu belakangan ngerasa ada yang berbeda dan berubah dari tubuh kamu. Terus kamu juga jadi lebih sensitif. Itu hal yang wajar kok -- itu namanya kamu lagi puber.

Puber? Apaan tuh?

Setiap orang itu memang berbeda, tapi kita punya satu kesamaan -- mau cowok atau cewek -- kita semua mengalami yang namanya puber, masa di mana kamu mulai tumbuh menjadi dewasa. Puber itu bisa terjadi saat kamu berumur 7 atau 8 tahun dan akan terus berlangsung selama 4 sampai 5 tahun. Tapi, mau kapanpun itu terjadi, kita semua pasti bakal mengalami masa itu.

Masa-masa perubahan

Kita bakal ngalamin banyak perubahan di tubuh kita, kayak...

  • Payudara mulai tumbuh
  • Badan jadi bertambah tinggi
  • Kulit dan rambut jadi lebih berminyak
  • Badan kita berkembang dan lebih berlekuk
  • Timbul jerawat
  • Tumbuh rambut di ketiak dan sekitar vagina
  • Menstruasi

Menstruasi

Salah satu perubahan penting yang terjadi di tubuh perempuan adalah menstruasi. Kamu udah mulai punya yang namanya siklus menstruasi.

Di fase awal menstruasi, hormon tubuh mulai memproduksi sel telur di rahim (ovarium) kita. Di fase selanjutnya, sel-sel telur ini akan dilepaskan dan menempel di dinding rahim dengan bantuan hormon dalam tubuh kita. Nah, sel telur ini akan matang jika bertemu dengan spermatozoa yang dihasilkan oleh laki-laki melalui hubungan seks. Kalau berhasil, maka terjadilah kehamilan.

Jika tidak, maka sel-sel telur ini akan lepas dari dinding rahim dan keluar melalui vagina dalam bentuk cairan darah. Yap, darah mens. Gak ada yang aneh dan seram kok tentang puber. Di masa ini tubuh kamu memang sedang sibuk melakukan hal-hal yang ‘ajaib’.

Ingat, kamu gak sendiri. Kita semua mengalami puber!

Gimana? Kamu pernah gak merasa aneh atau gak nyaman dengan proses ini? Apa penyebabnya? Biasanya kamu curhat sama siapa tentang puber? Sharing yuk di kolom komentar!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Ana

Kalo mensnya tibA tiba sedikit sedikit apa itu gx papA ( ??? Eh iya mau tanya apa kita juga bisa...

Baca selengkapnya 2 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Ana! Mens yang kadang dikit atau banyak itu biasa kook! Nanti juga akan teratur dengan...

Baca selengkapnya 2 bulan, 1 minggu yang lalu
patrick

kak... kenapa eakh, cewek kalo lagy pms.. suka marah" gajelas??

3 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, patrick! Saat lagi PMS, hormon-hormon dalam tubuh bergejolak makanya kamu jadi punya perasaan...

Baca selengkapnya 3 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar