Tik Tok. Tik Tok. Aduh Kenapa Jam Biologisku Kacau Banget, Ya?

Baca artikel dibawah biar kamu bisa lebih paham tentang tamu bulanan kamu!

Tanggapan kamu (50) Tik Tok. Tik Tok. Aduh Kenapa Jam Biologisku Kacau Banget, Ya?

Namaku Farah, aku disini mau ngomongin tentang topik yang paling sensitif buat para cewek. H-A-I-D. Menstruasi! Hal yang pasti terjadi ke semua cewek di seluruh dunia, tapi kalo lagi ngomongin tentang hal ini kayaknya kita kok malu banget ya.

Itu gak masuk akal banget loh.

Jadiii ayo kita omongin hal-hal yang buat kita terlalu gugup untuk diomongin. Karena ini badan kita sendiri, dan ini juga tanggung jawab kita untuk tau gimana caranya tubuh kita bekerja. Satu-satunya hal yang bikin kita takut adalah gak tau apa yang bakalan terjadi kalau kamu lagi menstruasi:

Tri dari Palembang: “Aku udah 15 tahun! Tapi aku masih belum menstruasi. Semua temenku ngejekin aku dan bilang kalau aku masih kecil. Aku normal gak sih?”

Pertama-tama, ya. Itu normal kok. Kamu baik-baik aja kok. Tenang aja.

Cewek-cewek pada umumnya bakalan dapet haid 2 tahun setelah mereka puber. Tanda-tanda pubertas adalah payudara kamu bakal membesar, tapi kadang-kadang rambut kemaluan kamu bakalan tumbuh duluan. Normal banget kalau bulu ketiak atau rambut ‘dibawah sana’ tumbuh duluan sebelum kamu dapet mensturasi!

Kamu juga bisa tanya ibumu pas umur berapa beliau dapet haid, karena hal-hal kaya gini bisa jadi turun temurun. Penyebab lainnya: cewek yang suka banget kegiatan atletik atau terlalu kurus kadang-kadang menstruasinya juga bisa telat, dan beberapa cewek gak dapet haid karena hormon mereka gak seimbang. Lagi stress berat? Itu juga bisa jadi penyebabnya.

Sri dari Jember: “Tapi aku kuatir. Gimana kalau aku gak akan pernah menstruasi?”

Cewek yang udah umur 16 tahun dan belum dapet mens mungkin bakalan dapat sedikit menstruasi setiap bulannya. Aku saranin kamu ngomong ke Ibumu tentang ini dan konsultasi ke dokter untuk dapet tes medis dan diagnosa!

Devi dari Balikpapan: “Umurku 22 tahun dan aku baru sadar ada sesuatu yang aneh dengan siklus haidku. Aku bahkan dapat haid sebulan 2 kali dan darah haidnya banyak banget! Tolong dong aku mesti ngapain!

Rata-rata, cewek bakalan dapet haid 3-7 hari setiap bulannya. Tapi berapa banyak darah yang keluar bervariasi. Sebagian cewek bakalan ‘banjir’ saat menstruasi daripada cewek lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang bikin menstruasi gak teratur:

Stress Ini adalah penyebab paling umum yang bikin menstruasi gak teratur! Kenalan sama hormon yang bikin kamu stress yuk: namanya Cortisol. Kalau kebanyakan Cortisol di aliran darah kamu. Waktu dan berapa banyak darah yang keluar juga bakalan berubah! Sayangi diri dan jaga diri kamu ya, cewek-cewek.
Diet Diet berpengaruh ke semua tubuh kamu, termasuk juga siklus menstruasi. Kalo sekarang kamu butuh alesan lagi gak makan makanan yang lemaknya tinggi, tinggi gula, gak makan sayur.. sekarang kamu punya alesannya!
Olahraga Supaya mens kamu teratur, badan kamu butuh butuh sejumlah lemak dan nutrisi. Kalau kamu olahraga berat, kadang-kadang ini bisa bikin mens kamu gak teratur.

Dan yang terakhir tapi juga gak kalah penting: jangan pernah takut buat bertanya. Kalau kamu kuatir, tanya ke Ibumu. Kalau Ibumu juga gak tau kenapa, tanya dokter. Kalau mereka gak tau juga, tanya ke dokter lain. Ini badan kamu sendiri, hidup kamu, dan kamu yang pilih sendiri mau gimana.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Fa

Kenapa ya kak aku dapet haid pertamaku pada awal bulan juli,trus aku baru dapet haid lagi...

1 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, Fa! Siklus menstruasi memang bisa tidak teratur, dan penyebab juga cara mengatasinya ada di...

Baca selengkapnya 1 bulan, 3 minggu yang lalu
Ervina

kok haidku nggak teratur ya kak... Terkadang bisa lebih cepat dari perkiraan

2 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Ervina! Haid teratur di saat kamu baru puber itu biasa kok. Biar gak cemas, baca ini deh -->...

2 bulan yang lalu
Tampilkan komentar