Putih Telur atau Kuning Telur: Yuk Bongkar Mitos&Fakta Telur!

Manfaatnya banyak tapi mitosnya juga banyak!

Tanggapan kamu (8) Putih Telur atau Kuning Telur: Yuk Bongkar Mitos&Fakta Telur!

Yakin deh, pasti banyak dari kalian yang denger rumor atau mitos di sekitar kita tentang telur.

Contohnya nih: 1. Makan telur bisa bikin jerawatan, atau 2. Kuning telur gak sehat dan gak baik buat kita.

Mending kita bongkar mitosnya dulu, deh!

1. Makan telur bisa bikin jerawatan

Faktanya, makan telur ga akan bikin kamu jerawatan. Jerawat, terutama pada remaja, bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya stimulasi hormonal, produksi minyak/komedo dan bakteri berlebih. Jadi itu bukan karena kamu makan telur, ya.

2. Kuning telur gak sehat dan gak baik buat kita

Faktanya, penting banget lho makan baik kuning telur dan putih telur untuk dapat kandungan gizi yang lengkap karena keduanya punya manfaat gizi yang berbeda! Putih telur mengandung protein dan vitamin B. Sementara, kuning telur mengandung banyak vitamin dan mineral, dan setengah dari kandungannya adalah protein. Saat kamu cuma makan putih telur aja, kamu bakal ngelewatin manfaat gizinya dan cuma mendapatkan 3.5 gram atau setengah dari protein telur!

Selain itu, telur punya kabar baik buatmu, nih!

Telur adalah makanan yang cocok buat sarapan! Makan telur bagus banget buat sarapan dan bisa menjaga kita kenyang lebih lama! Selamat tinggal perut keroncongan! Makan telur untuk sarapan bisa bikin kita kenyang sampai saatnya makan siang!

Kabar baik yang lain adalah: telur kaya protein yang bisa bikin kita tetap berenergi! Kapanpun kamu butuh suntikan energi buat dengerin gurumu ngajar seharian di kelas atau energi buat bantu orangtuamu di rumah, biasanya kan kamu akan lebih mengandalkan biskuit, cokelat, atau cemilan manis--yang katanya penuh energi. Ya emang sih, cemilan-cemilan ini manis tapi telur juga punya khasiat yang sama--dan lebih kaya gizi! Khasiatnya adalah, telur akan membakar energi sedikit demi sedikit jadi kamu ga akan capek seharian, keren kan?

Telur juga makanan yang harus kamu konsumsi kalau kamu lagi musim ujian atau lagi butuh tidur cepat saat besoknya harus ikut pertandingan olahraga! Itu karena telur mengandung omega-3 yang bisa membantu daya ingatmu dan membuatmu tidur nyenyak.

Jadi, sekarang udah tau kan kenapa penting banget buat mengonsumsi telur. Pertama, mitos-mitos di atas gak terbukti. Kedua, telur gampang kita dapatkan di mana-mana. Terakhir, telur bisa bantu kamu menjalani hari tanpa mager!

Sekarang giliranmu buat cerita apa kamu punya resep telurmu sendiri atau punya cerita yang ingin kamu bagikan tentang telur. Kasih tau kami lewat kolom komentar, ya!

Apakah kamu belajar sesuatu yang baru?

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Siti

Suka dengan tanggapanya😊

2 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Siti! Terima kasih sudah baca artikel Springster! Semoga bermanfaat yaaa buat kamuuu! Yuk baca...

2 bulan, 2 minggu yang lalu
Snk

Makanan yang paling aku suka itu telur, tapi aku alergi telur, gimana coba😢

2 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Snk

Oiya kamu buka springster di mana

2 bulan, 3 minggu yang lalu
Kak Sekar - Admin

Hai Snk! Terima kasih sudah baca artikel Springster! Semoga bermanfaat yaaa!

2 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar