Piring Makanku? Apa Itu?

Bersedia, siap, atur piring makanmu!

Piring Makanku? Apa Itu?

Sebagai cewek remaja, kebiasan makan sehat atau mulai mencoba diet seimbang dalam tiap harinya sangat penting karena itu yang kita butuhkan di masa pubertas dan kita harus mempersiapkan diri dengan makanan yang bisa bantu kita melewati masa pubertas dengan baik!

Sekarang, ada kampanye makan sehat yang disebut “Tumpeng Gizi Seimbang”. Pada kebiasaan makan sehat ini, minum air adalah hal yang penting, begitu juga olahraga dan mencuci tangan dengan sabun, dan yang nggak boleh lupa adalah porsi makanan dalam sehari.

Piring Makanku? Apa Itu?

Untuk memulai diet seimbang sesuai tumpeng gizi, kamu bisa mulai coba dengan membuat “Piring Makanku”. Jangan lupa bahwa kebiasaan makan sehat akan membantumu bersemangat terus dan membantumu menghadapi perubahan yang terjadi pada tubuhmu di masa pubertas, seperti gimana cara menghadapi menstruasi, perubahan mood, pertumbuhanmu, kulitmu, energimu, dan lain-lain.

Piring Makanku? Apa Itu?

Gimana cara membuat Piring Makanku?

Caranya adalah dengan membagi piring jadi 4 bagian untuk buah, sayuran, makanan pokok, dan protein.

Pertama-tama, isi piringmu dengan makanan pokok seperti nasi, singkong, jagung, mie, dan kentang, karena mereka ini mengandung karbohidrat yang berperan penting dalam memberi energi buat aktivitasmu sehari-hari. Karbohidrat membantu kamu tetap aktif dan semangat di sekolah!

Kedua, jangan lupa protein karena protein membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan otakmu. Protein mendukung pertumbuhan tinggi badanmu dan membantumu berpikir jernih saat belajar. Makanlah tempe, ikan, atau telur karena merekalah sumber protein tinggi.

Ketiga, isi piringmu dengan porsi sayuran seimbang karena sayur-sayuran akan membantu banyak hal di masa pubertasmu, termasuk mendukung pertumbuhanmu, membantu kulitmu jadi lebih sehat, ya itulah manfaat yang didapat kalau rajin makan sayuran!

Terakhir, isi piringmu dengan buah-buahan, karena--seperti sayur, buah-buahan banyak membantumu di masa pubertas. Makan buah-buahan membantu rambut dan kulitmu tetap berkilau dan juga membantumu menghadapi gejala-gejala saat PMS dan meredakan kram saat mens.

Penting banget lho buat makan beragam jenis sayur dan buah tiap hari! Coba deh makan sayur dan buah dalam berbagai warna!

Di samping piringmu, jangan lupa isilah segelas air karena minum air membantumu konsentrasi dan jadi lebih fokus dalam berpikir. Bonusnya, minum air bikin energimu meningkat!

Sebelum melengkapi porsi sekali makan ini, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Serta, hindari konsumsi gula, garam, dan minyak berlebih pada makananmu!

Sekarang, siap nggak menyusun piring makanmu sendiri? Kasih tau kami lewat komen di bawah, ya!