Perutku Kok Kembung Mulu?

Apakah karena aku lagi mens? Apa karena makananku?

Tanggapan kamu (2) Perutku Kok Kembung Mulu?

Hei, semua! Pernah gak sih kamu ngerasa kembung saat lagi mens?

Kembung tuh kalau kamu merasa perutmu lebih besar, penuh, bergas, dan kadang sakit.

Kamu penasaran gak sih, apakah mens atas makanan yang kamu makan yang mempengaruhi ini? Jawabannya… Bisa jadi keduanya!

Kebanyakan kembung bisa terjadi saat kita sedang mens, karena badan kita menahan lebih banyak air dari biasanya. Ini juga menjelaskan kenapa kalau kita lagi mens, kadang wajah, kaki, dan dada kita kerasa bengkak.

Perubahan hormon yang terjadi saat mens juga bisa memperlambat gerakan usus, dan itu membuat perut kita menahan gas, yang akhirnya bikin perut kita terasa kembung. Meningkatnya aliran darah ke rahim juga membuat rahim bengkak dan, lagi-lagi, membuat perut kita kembung.

Terus, gimana soal makanan? Gimana cara kita mengurangi rasa kembung itu dengan asupan makanan?

Saat kita makan makanan yang tinggi garam, kandungan sodiumnya akan membuat air tertahan di badan, karenanya badan kita akan terasa bengkak, termasuk perut.

Jadi, kalian para cewek, untuk menghindari perut kembung, tentu aja kita gak bisa menghindari menstruasi, tapi kita bisa menghindari makanan yang kurang sehat!

1. Ucapkan selamat tinggal ke makan makanan tinggi garam seperti makanan dalam kemasan, sosis, burger, dan kentang goreng. Karena sodium di garam akan menaikkan kadar air yang badan kita akan tahan.

2. Coba deh, konsumsi makanan-makan penuh potasium ini:

  • Pisang
  • Alpukat
  • Bayam
  • Ubi jalar
  • Tomat

Potasium bisa mengurangi kadar sodium, dan kadar sodium yang rendah bisa mengurangi air yang tertahan di tubuh sehingga rasa kembungmu akan berkurang!

3. Kalau kita lebih sering buang air kecil, air akan berkurang dari tubuh, dan kita akan lebih gak kembung lagi. Makanan-makanan ini juga adalah diuretik alami, alias makanan yang bisa membuat kita lebih sering buang air kecil, yuk cobain:

  • Nanas
  • Mentimun
  • Jahe
  • Bawang putih

Ingat, girls, kita gak bisa menghindari menstruasi, tapi kita bisa menghindari kembung dengan memilih makanan yang akan kita konsumsi secara bijak!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Kak , kalau menang kuis bagaimana kak

1 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Anonim! Kalau kamu menang kuis, kita akan hadiahin kau pulsa 50ribu lhoo! Sudah ikut tulis...

1 bulan, 1 minggu yang lalu