Numbuh Bulu di Ketiak? Siapa Takut!

Jangan panik dulu, baca faktanya disini

Tanggapan kamu (32) Numbuh Bulu di Ketiak? Siapa Takut!

Mungkin kalian pernah atau lagi ngerasain kayak aku. Aku sekarang umur 13 tahun dan baru kemarin aku sadar ada yang berbeda dari aku.

Jadi ceritanya, aku lagi santai-santai sepulang sekolah. Hari itu panas banget, sesampainya aku di rumah aku langsung ganti baju rumah. Pas lagi ganti baju, aku ngerasa ada sesuatu di sekitar ketiakku, ada bulu-bulu yang baru tumbuh...

Aku sama sekali gak nyadar, ternyata ketiakku udah numbuh bulu. Padahal baru kemaren kayaknya aku naik dari SD ke SMP, eh sekarang aku udah memasuki pubertas. Waktu berlalu cepat banget ya!

Aku langsung nyari kakakku dan nanya banyak hal tentang ini. Dia bilang, bulu yang numbuh di ketiak saat kita remaja itu normal. Syukurlah! Katanya bulu ketiak memiliki fungsi sebagai sarana penyaring bakteri yang dapat menyebabkan bau badan dan menjaga kulit agar tidak lembab. Tapi kulit ketiak juga harus dirawat, beberapa cewek mutusin buat ngilangin bulu ketiak dan beberapa yang lain membiarkan bulu-bulu itu tumbuh -- kedua ini sama baiknya, ini tubuh kita, jadi terserah kita mau mutusin kayak gimana!

Bulu ketiak bisa dihilangkan dengan dicukur, dicabut atau waxing. Coba sendiri dan pilihlah yang paling nyaman buatmu karena efeknya di setiap orang beda-beda.

Terus, nanti juga akan ada bulu-bulu halus yang tumbuh di sekitar kemaluan kita. Jangan kaget ya, kalian gak akan kenapa-kenapa! Beberapa perempuan mengalaminya duluan, tapi ada juga yang baru numbuh nanti.

Satu lagi, dengan ini tandanya kita harus semakin rajin merawat diri. Adanya bulu ketiak gak masalah dengan catatan daerah sekitar ketiak dijaga kebersihannya. Bisa dimulai dengan mandi teratur, ganti baju kalo udah seharian di luar, pake baju dengan bahan katun biar gampang menyerap keringat dan pake deodoran bila perlu!

Intinya, jangan minder ya kalo kalian numbuh bulu. Ini semua proses yang dilewati remaja cewek lainnya juga kok!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Anonim

Kak umurku udah 14 tahun tapi udh tumbuh bulu ketiak mau di jabut atau di cukur takut jadi mendingan...

4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo, Anonim! Tumbuh bulu ketiak itu wajar karena kamu sedang mengalami masa pubertas. Sebaiknya...

Baca selengkapnya 3 bulan, 4 minggu yang lalu
Blueberry11

Dulu pas masih kelas 1 sma aku sering banget pake bajunketekan semenjak ada bulu dan ketek menghitam...

4 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, Blueberry11! Ketiak yang menghitam itu ada beberapa penyebabnya. Bisa karena sesuatu hal...

Baca selengkapnya 3 bulan, 4 minggu yang lalu
Tampilkan komentar