Mitos tentang Pubertas yang Harus Kamu Tau

Tunggu, aku beneran gak bisa berenang di kolam umum lagi?

Tanggapan kamu (6) Mitos tentang Pubertas yang Harus Kamu Tau

“Astrid! Gimana rasanya?”
Aku emang orang pertama yang dapat haid di geng cewekku. Jadi, mereka sekarang penasaran banget sama aku. Jujur, deh, aku juga baru hari Sabtu kemarin taunya kalo aku haid.

“Kamu gak bisa berenang sama cowok, dong? Kamu bisa hamil!”

Hah? Gimana????

Mereka nanyain macem-macem dan aku belum tau jawabannya. Aku jadi takut sama pubertas. Untungnya aku punya seseorang yang bisa aku percayain di rumah untuk hal ini: Ibu! Hai, Ibu…

Mitos tentang Pubertas yang Harus Kamu Tau

“Bener gak, sih, aku gak bisa lagi berenang sama cowok? Apa aku bakal hamil?”

“Oh, Astrid, kamu masih bisa ke kolam renang sama laki-laki, kok! Untuk hamil, sperma harus masuk ke dalam tubuh kita dan membuahi telur/ovum—dan ini cuma bisa terjadi saat seks. Sebetulnya, susah banget buat sperma untuk masuk ke tubuh kita lewat kolam renang—sperma gak bisa hidup di kolam karena temperatur dan zat kimia yang ada di dalamnya.”

Mitos tentang Pubertas yang Harus Kamu Tau

“Bener gak kalo aku tiba-tiba ketinggalan dapat haid, itu artinya aku hamil?”

“Setiap orang punya siklus menstruasinya sendiri, Astrid. Kadang seseorang emang bisa ketinggalan haid sekali atau dua kali dan itu wajar-wajar aja, gak berarti kalo dia hamil. Tapi, kalo kita emang ngerasa ada yang gak bener sama siklus menstruasi kita, kita harus segera cek ke dokter, ya!”

Mitos tentang Pubertas yang Harus Kamu Tau

“Aku punya bulu lebih banyak daripada temen-temenku; di kedua tangan dan kakiku. Apa aku akan mudah terangsang?

“Hormon yang bikin kita punya bulu biasanya ada lebih banyak di laki-laki, tapi perempuan juga punya hormon itu, kok! Beberapa perempuan mungkin punya hormon itu lebih banyak sehingga tumbuh bulu di tangan dan di kaki atau di kumis. Tapi, hal ini gak ada hubungannya sama rangsangan untuk melakukan seks, lho!”

Mitos tentang Pubertas yang Harus Kamu Tau

“Apa aku akan kehilangan keperawanan kalo aku pake tampon?”

“Saat seorang perempuan udah melakukan seks, itu artinya dia gak perawan lagi. Orang-orang banyak yang salah kaprah tentang tampon, soalnya takut tampon bakal merobek selaput yang ada di dalam vagina. Sebetulnya, bakal susah banget buat tampon untuk merobek selaput kita. Tapi, bahkan kalo selaput kita robek dan kita gak pernah melakukan seks, itu artinya kita masih perawan!”

“Jangan khawatir, Astrid! Apa yang kamu denger dari temen-temenmu adalah mitos tentang pubertas! Dan kita gak seharusnya percaya! Yang penting, sekarang kita ngerti kalo mitos ini gak bener. Kalo kamu bingung soal ini lagi, jangan ragu untuk tanya Ibu, ya!”

“Pasti, Bu! Pasti!”

Nah, itu tadi penjelasan Ibuku tentang mitos pubertas! Sekarang aku lebih siap untuk menanggapi pertanyaan temen-temenku! Dan aku udah gak takut sama pubertas lagi~

Tapi, apa kamu pernah denger hal-hal semacam ini? Terus, kamu konfirmasi ke siapa? Kasih tau aku di kolom komen, ya!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

@Septianti

Kk aku mw cerita nih... Waktu aku mens pertama kali,kok aku mens nya cuman 5 hari ya,kalo cewe2...

Baca selengkapnya 11 bulan, 4 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Haloooo @Septianti! Menstruasi memang berbeda bagi setiap orang. Kamu bisa baca dulu artikel ini...

Baca selengkapnya 11 bulan, 3 minggu yang lalu
asintutungtea

tampom itu apa

12 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, asintutungtea! Tampon itu sejenis pembalut, tetapi bentuk dan cara pemakaiannya berbeda! Ohya,...

Baca selengkapnya 12 bulan yang lalu
Tampilkan komentar