Menstruasi? Jangan Gini Ya!

Ini dia kebiasaan saat mens yang harus kita ubah!

Tanggapan kamu (25) Menstruasi? Jangan Gini Ya!

Menstruasi itu pasti dialami oleh perempuan seperti kita. Nah, biasanya ada kebiasaan yang tanpa kita sadari berdampak buruk buat kesehatan organ reproduksi kita. Apa aja sih? Yuk simak!

Menggunakan pembalut yang sama seharian

Kebiasaan buruk ini bisa berdampak buruk buat kesehatan organ intim kita. Mulai dari iritasi hingga infeksi. Sebaiknya pembalut diganti setiap 3-5 jam.

Celana dalam pun juga demikian. Terkadang celana yang terlihat bersih dan tidak terkena darah, dipakai beberapa hari. Padahal, celana dalam yang sudah dipakai sudah menyerap cairan di sekitar area intim kita, keringat misalnya. Sebaiknya ganti celana dalam 1-2 kali dalam sehari.

Mencuci vagina dengan sabun

Vagina sudah punya kadar keasaman (pH) yang berfungsi untuk menjaga vagina tetap sehat. Kita tidak butuh sabun untuk membasuh vagina. Cukup gunakan air dan basuh hingga bersih. Menggunakan sabun hanya bakal bikin kulit kita iritasi dan mengganggu keseimbangan kadar pH pada vagina kita.

Cara membasuh salah

Selalu basuh dari arah depan ke belakang. Membasuh dari arah sebaliknya dapat menyebabkan bakteri yang ada pada anus berpindah ke vagina. Ini bisa jadi salah satu pemicu infeksi di bagian intim kita.

Keringkan

Pastikan vagina tetap kering setelah mandi, buang air atau ganti pembalut. Keringkan dengan tisu kering atau kain yang sudah kita sediakan khusus. Kalau vagina lembab, bakteri jadi betah bekembang biak di sana. Kehadiran bakteri bisa memicu terjadinya infeksi di sana. Tips sederhana: kalau kamu bepergian, jangan lupa bawa tisu untuk kebutuhan ini.

Tidak menjaga makanan

Saat mens, kita kehilangan lebih banyak darah dan energi. Jadi, kita harus lebih memperhatikan apa yang kita makan. Sebaiknya makan tiga kali sehari, selingi dengan camilan seperti buah-buahan atau makanan sehat lain.

Gampang kan? Inget, setiap perempuan mengalami menstruasi dan belajar tentang serba-serbi menstruasi itu penting banget lho biar kita tahu apa yang terjadi pada tubuh kita selama masa itu. Kamu bisa tanya-tanya sama mama, kakak, tante atau berbagi sama teman kamu tentang menstruasi.

Nah, kalau kamu punya tips tambahan selama menstruasi, sila tulis di kolom komentar yaa!

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Gina

Kak katanya kalo kita lagi mens gak boleh deket² sama cowo.Nanty bisa hamil katanya,Benr gk sh...

1 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo Gina! Untung kamu langsung tanya! Jawabannya adalah...itu mitos! Tidak benar ya :) Duduk...

Baca selengkapnya 1 bulan, 1 minggu yang lalu
Faiza

Kak bener gak kalo lagi haid gak bisa minum air es??

1 bulan, 1 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Faiza

Ka ada temen aku yang bilang kalo sering pake minyak kayu putih bikin rahim kering, bener gak?

1 bulan, 1 minggu yang lalu
Kak Sekar - Admin

Halo Faiza! Wah enggak atuh! Asal dipakai dengan benar gak akan membahayakan apalagi bikin rahim...

1 bulan, 1 minggu yang lalu
Tampilkan komentar