Masa Pubertas & Menstruasi: Mama Tau!

Karena ia bilang begitu, itu sebabnya.

Tanggapan kamu (13) Masa Pubertas & Menstruasi: Mama Tau!

Hai, semuanya!

Hari ini aku duduk bersama mamaku untuk menanyakan beberapa pertanyaan tentang perubahan yang terjadi pada tubuhku. Aku dan mamaku dekat sekali, kita seperti sahabat. Aku berharap kamu dan mamamu juga!

Q: Hai Mama, aku punya beberapa pertanyaan yang mau aku tanyakan...

A: Tentu saja, sayang. Kan kamu tau bisa tanya apa aja sama mama!

Q: Payudaraku terasa sakit kalau sedang menstruasi. Itu normal gak?

A: Oh sayang, banyak perempuan merasakan sakit di payudara mereka selama menstruasi - termasuk mama!

Q: Emang benar ya kalau sedang menstruasi kita mengalami kram yang menyakitkan? Jika iya, bagaimana aku mengurangi rasa sakitnya?

A: Ya, sayangnya kram yang menyakitkan itu benar untuk sebagian orang. Nah sayang, kamu bisa mencoba untuk tenang - luangkan waktu dan berbaringlah. Juga, mama mau kamu mandi air hangat. Kalau masih sakit, bilang mama dan kamu boleh minum parasetamol/painkillers.

Selain itu, ada baiknya berolahraga - kita bisa melakukannya bersama, mama ajak kamu berenang besok ya! Tapi selalu kasih tau mama kalau sakit, oke?

Q: Yay! Aku mau pergi berenang sama mama besok. Oke, mama ... jadi apakah normal kalau darah menstruasiku berbau tidak sedap? atau aku harus waspada?

A: Oh mama dulu juga bingung tentang ini, tapi nenekmu bilang ada banyak aroma yang datang dari bawah sana. Setiap perempuan memiliki "aroma" sendiri dan terkadang ketika darah menstruasi bercampur dengan bakteri di vagina kamu, ini menghasilkan suatu bau.

Q: Baiklah, bagaimana agar siklus menstruasiku teratur?

A: Siklus menstruasi setiap orang berbeda jadi tenang saja dan jangan khawatir, sayang. Tapi, kasih tau mama kalau kamu khawatir. Kita akan bersama pergi ke dokter.

Q: Wajahku berminyak dan berjerawat, membuatku merasa tidak nyaman. Bagaimana ya?

A: Oh sayang, kamu cantik sekali. Tidak seharusnya kamu merasa begitu. Semua orang melewatinya, seperti mama dulu - bahkan papa kamu juga. Kita akan bersama merawatnya dengan baik. Jagalah kulitmu, dan jangan gunakan begitu banyak produk.

Tuh kan, kamu bisa belajar hanya dengan ngobrol dengan mamamu, kalau kamu hanya mau saja bertanya. Ini ada sedikit tips dari mamaku: "Jangan takut untuk berbicara dengan ibumu, apalagi jika topiknya relatif sulit. Sungguh menyenangkan bagi kita para ibu, untuk mengetahui bahwa kita terlibat dalam hidupmu dan bisa memberi kontribusi solusi untuk masalahmu."

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

bben.

Waw.

7 bulan yang lalu
Sofiyan

smoga bhgia jd kluarga ceria

7 bulan, 3 minggu yang lalu
Tampilkan komentar