Masa, Masa Pubertasku Bermasalah?

Kenapa sih masa pubertas aku beda dari teman-temanku?

Masa, Masa Pubertasku Bermasalah?

Hei, semuanya. Namaku Anna. Belakangan ini aku cemas dan bingung ngelihat teman-teman aku udah lebih dewasa daripada aku. Dada mereka udah lebih besar dan sebagian besar dari mereka udah menstruasi.

Kalau aku, pas aku lihat badan aku di cermin, aku gak ngelihat ada perubahan yang berarti sejak aku SD sampai sekarang. Aku cemas, apa sih yang salah dengan badan aku? Aku coba tanya ke mama di rumah, soalnya aku takut aku gak akan tumbuh dan berkembang kayak temen-temenku yang lain.

Mama menenangkan aku dan bilang kalau setiap cewek masa pubertasnya gak sama. Ada yang duluan, ada yang nanti-nanti. Ternyata, mama pertama kali dapet pas dia SMA! Kebanyakan perempuan mengalami mens pertamanya pada umur 9-18 tahun. Siklus menstruasi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik dan lingkungan.

Jadi, gak perlu merasa ketinggalan saat temen-temen kamu tumbuh lebih dewasa daripada kamu. Mama bilang juga kalau yang penting itu, kita tumbuhnys ehat. Aku gak perlu buru-buru karena nanti akan ada masanya, kok! Sekarang aku gak takut lagi dan aku percaya kalau aku akan mengalami masa pubertas saat aku udah siap!