Makan ini, Jangan itu...

‘Tukar Makanan’ untuk hari-hari mu yang sehat!

Tanggapan kamu (6) Makan ini, Jangan itu...

Mari kita langsung mulai pembicaraan. Kita semua suka makan, kan? Tapi mungkin ini saatnya untuk lebih memikirkan apa yang sesungguhnya kita makan. Kemungkinan besar yang kita konsumsi setiap hari sebenarnya gak baik untuk diri kita. Meskipun negara kita mempunyai salah satu sumber daya alam terkaya di dunia yang memproduksi bahan pangan jauh lebih sehat, gak semua orang menikmatinya. Yuk mulai sekarang mendukung mereka dan ketahui kalau produk lokal lebih sehat bahkan murah untuk kita.

Kita selalu di peringatkan untuk jauh dari goreng-gorengan dan kalau kamu bisa atau mungkin sudah gak makan goreng-gorengan - BRAVO! Tepuk tangan yang keras untuk kamu. Tapi buat kita yang merasa gak bisa jauh dari penggorengan. Mari kita mulai perlahan-lahan! Ketika kamu pesan makanan yang di goreng, coba untuk pesan porsi kecil/ringan atau porsi anak-anak. Dengan begitu jumlah asupan minyak dan lemak kamu gak berlimpah.

Oh iya makanan sehat cenderung terlihat membosankan, kan? Jadi sulit untuk menyukainya. Tapi sepertinya ada solusi untuk mengatasinya - tambahkan sedikit sayur atau buah segar pada setiap makanan kamu untuk memberi percikan warna. Pasti akan seru, segar, sehat dan sangat ‘instagrammable’!

Sekarang waktunya kembali ke poin utama - semua tips ‘tukar makanan’ yang kita janjikan:

Makan ini, Jangan itu...

1.Makan: Frozen Yogurt
Perbedaan bahan antara es krim dengan frozen yogurt hanyalah krim, perbedaan nutrisi yang utama adalah lemak. Satu mangkuk es krim vanila mengandung 275 kalori, 5 gram protein, 31 gram karbohidrat, 15 gram lemak dan 9 gram lemak jenuh. Frozen yogurt menjadi pengganti yang tepat karena mempunyai rasa dan tekstur yang sama dengan kurangnya lemak dan lebihnya keseruan menambah buah-buah segar menjadi topping!
Jangan: Es Krim
Es krim mempunyai kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi. Cara membuat es krim adalah dengan membekukan campuran susu atau krim berlemak tinggi dengan manisan fruktosa atau glukosa - umumnya dalam bentuk sirup dan perasa lainnya semacam vanila dan coklat.

Makan ini, Jangan itu...

2.Makan: Ubi Panggang Kering
Ubi adalah sumber terbaik untuk vitamin A. Ubi juga baik akan vitamin C, mangan, tembaga, asam pantotenat dan vitamin B6. Selain itu, ubi juga sumber kalium (potassium), serat makanan, niasin, vitamin B1, vitamin B2 dan fosfor. Jika kamu panggang ubi hingga renyah - kamu dapat cemilan baru yang sehat yaitu ‘ubi panggang kering’! Yumm...
Jangan: Kentang Goreng
Kentang goreng mengandung lemak jenuh. Menggoreng lemak jenuh dapat merubah kentang menjadi penyebab penyakit jantung, diabetes dan kanker. Akan juga menyebabkan penyumbatan arteri dan meningkatkan kolesterol jahat dan lipoprotein densitas rendah (LDL). Tentu gak ada kentang yang dalam keadaan alaminya buruk untuk kita, tapi dengan menggoreng membuatnya buruk.

Makan ini, Jangan itu...

3.Makan: Beras Merah
Keuntungan kesehatan dari beras merah ada pada seratnya yang telah terbukti mengurangi kadar kolesterol tinggi dan membantu mencegah aterosklerosis. Serat juga membantu menjaga kadar gula darah, jadi beras merah sangat baik untuk penderita diabetes.
Jangan: Beras Putih
Beras putih itu gak jahat dan kalau kamu gak suka beras merah, jangan di makan. Tapi, beras putih itu sangat ter olah yang menghilangkan banyak vitamin dan mineral. Karena juga bukan gandum “utuh” - banyak serat yang terangkat ketika pengolahan.

Makan ini, Jangan itu...

4.Makan: Buah Segar
Buah-buahan secara alami sudah rendah lemak, rendah sodium, dan rendah kalori. Kolesterol juga gak ada. Buah mempunyai banyak nutrisi penting yang jarang di konsumsi, termasuk kalium (potassium), serat makanan, vitamin C, dan asam folat. Makanan kaya kalium (potassium) dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.
Jangan: Buah Kering
Mengeringkan buah juga berarti menyusutkan kandungannya, semua khasiatnya jadi gak berguna. Buah dikeringkan tinggi dengan gula dan kalori. Akan menimbulkan masalah ketika sering di konsumsi.

Makan ini, Jangan itu...

5. Makan: Kacang
Kacang mengandung asam lemak yang baik dan nutrisi lainnya. Mengkonsumsi kacang sangat membantu kesehatan jantung. Kacang kenari (walnuts), almond, dan lainnya juga bisa merendahkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur.
Jangan: Keripik
- Menambah Berat Badan Keripik mempunyai kadar kalori dan lemak yang tinggi, yang beresiko menambah berat badan dan obesitas. - Rendah Nutrisi Keripik mempunyai kadar vitamin dan mineral yang sangat rendah, dan cenderung menggantikan nutrisi lainnya dalam pola makan kita. - Tekanan Darah Tinggi Asupan tinggi sodium dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah yang menyebabkan stroke, gagal jantung, penyakit jantung koroner dan penyakit ginjal. - Kolesterol Tinggi Kebanyakan keripik dibuat dengan cara digoreng yang mana menimbulkan lemak trans, lemak paling berbahaya di dunia.

Kita bisa kan mulai mencoba ini bersama?! Seharusnya gak sulit kok. Dengan semua penukaran dan tentunya olahraga - kita bisa terlihat dan merasa #PhreshOutTheRunway sepanjang hari setiap hari, seperti Rihanna katakan.

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

Lunamoy

Wah baik banget umtuk kesehatan

3 bulan yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai Lunamoy! Waaah tentu, kami ingin kasih kamu yang terbaik di artikel ini! Semoga bermanfaat yaaa!

3 bulan yang lalu
c1tra_mut1a

Good Buat Kesehatan Kita

1 tahun, 7 bulan yang lalu
Tampilkan komentar