Kok Bau Badanku Aneh Ya Saat Mens?

Kadang muncul, kadang hilang, kadang gak ada sama sekali, kadang bau, kadang wangi. Gimana sih ini si bau badan?

Tanggapan kamu (4) Kok Bau Badanku Aneh Ya Saat Mens?

Pernah ngeh gak kalau kadang bau badan kamu bisa jadi lebih tercium saat mens. Nah, ini terjadi karena kadar alkalin dalam darah biasanya cenderung meningkat saat mens.

Enggak hanya itu, beberapa orang akan menyalahkan keringat sebagai penyebab bau badan. Padahal bukan begitu kenyataannya.

Bau ini disebabkan oleh bakteri yang tertarik pada keringat yang diproduksi oleh kelenjar keringat apokrin. Kelenjar ini ada di kepala, dan pangkal paha. Kelenjar ini mulai bekerja aktif saat kamu memasuki masa puber. Nah, si bau badan ini muncul karena adanya lemak keringat yang diuraikan oleh si bakteri.

Mitos terpecahkan! Sekarang jadi tau kan, bukan keringat yang bikin kamu bau badan? Banyak belajar, banyak tau, apalagi belajar tentang perubahan pada tubuh kamu selama puber.

Kalau kamu merasa terganggu dengan bau badan kamu, Springster punya tips mengatasinya nih:

Gunakan baju longgar supaya badan kamu bisa lebih bernafas. Pakaian ketat justru akan memicu badan kamu untuk berkeringat dan mengeluarkan bau badan.

Usahakan mandi dua kali sehari untuk mencegah timbulnya bau badan. Lalu, keringkan badan kamu dengan benar setelah mandi karena bakteri senang dengan area yang lembab. Pastikan bagian lipatan tubuh seperti ketiak, lipatan tangan, kaki, pangkal paha benar-benar kering.

Gunakan bedak talak untuk menyerap cairan pada tubuh. Jangan gunakan parfum buat menutupi bau badan karena efeknya hanya sementara. Terkadang parfum justru bisa memperparah bau badan kamu.

Jaga makanan. Ya, tubuh kamu terkadang melepaskan aroma makanan yang kamu makan. Jadi, kalau kamu merasa bau badan kamu aneh, coba diingat-ingat lagi tadi kamu makan apa karena ada beberapa makanan yang bisa bikin bau badan kamu semakin kuat.

Selain tips di atas, Springster punya tips kuliner nih biar kamu enggak bermasalah dengan bau badan saat mens:

Banyak makan sayur dan buah. Belajar suka makan sayur hijau kayak bayam, kangkung, green beans. Kandungan klorofinya terkenal sebagai deodoran internal buat badan kamu.

Kurangi gorengan dan olahan. Coba makan aneka rebusan, padukan dengan sayuran hijau.

Kurangi bawang-bawangan saat mens karena bawang-bawangan terbukti membuat bau badan kamu makin kuat. Jadi, kurangi dulu sementara yaa.

Kurangi gula pasir karena bisa mengganggu kadar keasaman tubuh kamu dan memicu bau badan.

Kalau kamu punya kisah/tips seputar bau badan atau tips lain seputar pentingnya belajar tentang perubahan tubuh selama masa puber, tulis di kolom komentar yhaaaa~

Bagikan tanggapanmu

Masuk untuk meninggalkan komentar

Tanggapan kamu

inawl

Kak, gimana ya, aku ini kadang bau badanku aneh, bukan bau yang menyengat sih, malah aku suka...

Baca selengkapnya 6 bulan, 2 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Halo inawl! Sebenarnya enggak jauh-jauh dari yang sudah dijelaskan di atas kok hehe bisa jadi juga...

Baca selengkapnya 6 bulan, 2 minggu yang lalu
Dera

Wah makasih infonya

6 bulan, 3 minggu yang lalu

Balasan Terbaru

Kak Sekar - Admin

Hai, sama-sama! Terima kasih sudah baca artikel Springster, tetap membaca, berkomentar, dan menjadi...

6 bulan, 2 minggu yang lalu
Tampilkan komentar